Penanaman Karakter pada Peserta Didik Lingkungan Pondok Pesantren Modern Al-Umanaa

Penulis

  • M Fikri Nurzaman Universitas Nusa Putra
  • rosita
  • Anisa

Kata Kunci:

Metode, Pendidikan, Karakter, Lingkungan

Abstrak

Tujuan dari pada penelitian ini adalah  mendeskripsikan  Metode penananaman nilai-nilai karakter pada Peserta didik  di Pondok   Pesantren  Modern Al Umanaa, dan.  Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al Umanaa  Jl. Pelabuhan II,KM..10  Cikaret, RT:002/RW:014,  Desa  Kebonmanggu Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat (43156). Teknik  pengumpulan  data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik  analisis  data meliputi pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, pengambilan  kesimpulan  , dan  verifikasi. Hail  penelittian  menunjukan  bahwa  Metode  yang  sering  di gunakan dalam  penanaman  nilai-nilai  karakter  pada  peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa  Metode Pembelajaran, Metode Pembiasaan, Metode Peneladanan, dan Metode Pengawasan.

Referensi

Amanda, (2009). Book and Becoming good: Demonstrating Aristotle’s Theory of moral Development in The Art of Reading. The Journal Of Internasional Social Research, Vol 1, No 2.

Rahman, K. A. (2015) Pembinaan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Diniyah Takmilliyah Awwaliyah (DTA) Di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 30, No 2.

Willis, J and Weiser, B. (2013). Bridging the Gap: Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education. The Journal of Early Childhood Environmental Education Vol 2, No 1.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: AL Fabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Mulyasa. (2012) . Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 16-08-2022

Versi

Cara Mengutip

Nurzaman, M. F., rosita, & Anisa. (2022). Penanaman Karakter pada Peserta Didik Lingkungan Pondok Pesantren Modern Al-Umanaa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 22–28. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/98 (Original work published 30 Januari 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel