Penanaman Karakter pada Peserta Didik Lingkungan Pondok Pesantren Modern Al-Umanaa
Abstrak
Tujuan dari pada penelitian ini adalah mendeskripsikan Metode penananaman nilai-nilai karakter pada Peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa, dan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al Umanaa Jl. Pelabuhan II,KM..10 Cikaret, RT:002/RW:014, Desa Kebonmanggu Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat (43156). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, pengambilan kesimpulan , dan verifikasi. Hail penelittian menunjukan bahwa Metode yang sering di gunakan dalam penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik di Pondok Pesantren Modern Al Umanaa Metode Pembelajaran, Metode Pembiasaan, Metode Peneladanan, dan Metode Pengawasan.
Referensi
Amanda, (2009). Book and Becoming good: Demonstrating Aristotle’s Theory of moral Development in The Art of Reading. The Journal Of Internasional Social Research, Vol 1, No 2.
Rahman, K. A. (2015) Pembinaan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Diniyah Takmilliyah Awwaliyah (DTA) Di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 30, No 2.
Willis, J and Weiser, B. (2013). Bridging the Gap: Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education. The Journal of Early Childhood Environmental Education Vol 2, No 1.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: AL Fabeta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Mulyasa. (2012) . Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 16-08-2022 (3)
- 12-03-2022 (2)
- 30-01-2022 (1)