Pengaruh Belajar Online Terhadap Minat Belajar Peserta Didik
belajar online, minat belajar
Kata Kunci:
guru, peserta didik, minat belajar, covid 19, belajar onlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang muncul selama proses pembelajaran online. Model penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah menganalisis isi dengan menganalisis artikel jurnal yang relevan, kemudian mensintesiskannya sehingga diperoleh melalui masalah pembelajaran online ini. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring ini berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Dikarenakan pembelajaran dilakukan secara online peserta didik menjadi mudah bosan ketika pembelajaran daring berlangsung. Pembelajaran kurang menarik tidak seperti pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, guru harus menciptakan pembelajaran daring yang menarik dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Cara untuk menumbuhkan minat belajar pada peserta didik dengan memberikan motivasi-motivasi belajar kepada peserta didik dengan perkataan yang positif dan membangun peserta didik dalam kondisi belajar
Referensi
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Arif, Fulchan. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Ali, I., & Alharbi, O. M. L. (2020). COVID-19: Disease, management, treatment, and social impact. The Science of the Total Environment, 728, 138861. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2020.138861
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1,4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i 1.14958
Ashari, M. “Proses Pembejalaran Daring di Tengah Antisipasi Penyebaran Virus Corona Dinilai Belum Maksimal”, https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01353818/proses-pembejalaran-daring-di-tengah-antisipasi-penyebaran-virus-corona-dinilai-belum-maksimal, diakses pada 20 Maret 2020 pukul 13:12
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta didik Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231.
Depdikbud, 1992. Materi Latihan Kerja Guru PMP SLTP. Penerbit Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah : Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bakri, 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Penerbit Usaha Nasional : Surabaya
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh). 4(2), 30–36.
Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis pengaruh penggunaan internet terhadap minat belajar mahapeserta didik ( studi kasus : perguruan tinggi di Kota Palembang ). Jurnal Jatisi, 3(2), 105.
Riamin. (2016). Menumbuhkan Minat Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran. 14 April. https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6 323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minatbelajar-peserta didik-dalam-pembelajaran
Ricardo & Meilani, R. I (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, Vol. 2 No. 2, 2017, Hal 188 - 201
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.707 2.
Vhalery,R., Alfilail,N.S., Robbani,H.,Hia.,N.L., (2020). Persepsi mahapeserta didik tentang pembelajaran online “google classroom” pada minat dan motivasi peserta didik. Jurnal pendididkan intelektium, 1,
Yunitasari,R &Hanifah,U.(2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Peserta didik pada Masa COVID-19. Jurnal ilmu pendidikan. 2,9,6,10
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahapeserta didik Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45