Pendampingan Bimbingan Konseling Sebagai Sumber Penguatan Siswa, Guru dan Orang Tua Dalam Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Agata Valentin Selawati Universitas Nusa Putra

Abstrak

Guru Sekolah Dasar, termasuk guru kelas dan guru mata pelajaran, berada di garis depan pendidikan dasar. Pendampingan bimbingan konseling sebagai sumber penguatan siswa, guru dan orang tua dalam kegiatan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 sangat menjadi urgency dalam keberlangsungan pembelajaran. Virus covid-19 telah banyak memberikan dampak bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk di dalamnya sektor pendidikan. Beragam peraturan dan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi ini diberlakukan. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa - Bali yang diterapkan di Indonesia, diharapkan sebagai salah satu upaya dalam menekan kasus penyebaran covid-19. Pemberlakuan pembelajaran melalui media daring menjadi alternatif untuk keberlangsungan proses pembelajaran agar tetap berjala, di semua level. Segala bentuk upaya, baik dari pemerintah, unit sekolah maupun orang tua, telah dimaksimalkan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat kejenuhan dan problematika lainnya sehingga peran bimbingan dan konseling perlu ditekankan sebagai penguatan bagi pedidik, orang tua dan peserta didik, untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bertujuan agar terciptanya suatu hubungan sinergis antara siswa, orang tua, guru, maupun lingkungan sosialnya.

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Selawati, A. V. (2022). Pendampingan Bimbingan Konseling Sebagai Sumber Penguatan Siswa, Guru dan Orang Tua Dalam Kegiatan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/75

Terbitan

Bagian

Artikel