Pengaruh Penggunaan PhET Simulation Terhadap Pemahaman Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif

Penulis

  • Dewi Yuliastuti Universitas Negeri Semarang

Abstrak

Guru harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan metode atau model pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran sehingga menarik minat siswa dalam mempelajari fisika dan tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan PhET Simulation terhadap pemahaman siswa dengan model pembelajaran kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode wawancara bersama ibu Suratni Agustinih,S.Si. dan observasi yang dilakukan terhadap siswa SMAN 5 Semarang. Berdasarkan wawancara dan hasil observasi diperoleh hasil bahwa guru dan siswa merasa terbantu dengan PhET Simulation. Hasil dari tanya jawab untuk menguji pemahaman kosep yang diberikan kepada siswa,saat observasi, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar dan aktif saat pembelajaran. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan PhET Simulation dengan model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap pemahaman siswa.

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Yuliastuti, D. (2022). Pengaruh Penggunaan PhET Simulation Terhadap Pemahaman Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/68

Terbitan

Bagian

Artikel