Upaya Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring

Penulis

  • Mafaz Al- Akmam Nusa Putra University
  • Ai Auliya
  • Yussan
  • Kohar Pradesa Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Guru, Pendidikan, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, Covid 19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan mengenai bagaimana penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Model penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah menganalisis isi dengan menganalisis artikel jurnal yang relevan, kemudian mensintesiskannya sehingga diperoleh solusi dari permasalahan yang ada. Pada penelitian ini ditemukan jika guru memiliki peran yang sangat penting dalam penerapan pendidikan karakter selama pembelajaran daring. Upaya guru dalam menerapkan pendidikan karakter tentunya harus dilakukan dalam berbagai kesempatan, seperti dalam pemberian materi, penyusunan silabus, penyusunan rpp, penugasan, dll. Penerapan pendidikan karakter ini merupakan hal yang sangat penting agar terciptanya karakter siswa yang bermartabat.

Referensi

Pradesa, K., & Kurnia, B. (2023). Cara Belajar di Masa Pandemi dengan Model Daring Senior Sara Kalo. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 28-34.

Mintawati, H., Abidin, A. Z., Vebrianti, G., Handayani, N. R., & Pradesa, K. (2023). SOSIALISASI DEGRADASI MORAL GENERASI MUDA DI SMAN 4 KOTA SUKABUMI. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 532-542.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Al- Akmam, M., Auliya, A., Yussanulfida, & Pradesa, K. (2022). Upaya Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 31–37. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/55

Terbitan

Bagian

Artikel