Pengaruh PBL Berbasis E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 3 SDN Sunggapan

Penulis

  • Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra
  • Luni Anggraeni Universitas nusaputra

Kata Kunci:

project based learning , e-learning, minat belajar.

Abstrak

Saat ini, akibat Covid-19, dunia tengah menghadapi krisis kesehatan global dan sosial ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Di Indonesia, kehidupan jutaan anak dan keluarga seakan terhenti. Pembatasan sosial dan penutupan sekolah berdampak pada pendidikan, kesehatan mental, dan akses kepada pelayanan kesehatan dasar.
Dalam rangka memutus tali rantai penyebaran covid-19 pemerintah membuat kebijakan yaitu menutup semua sekolah di seluruh penjuru Indonesia dan mengubah sistem pembelajaran jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah daring. Kegiatan pembelajaran secara daring atau sering di sebut juga E-Learning sangat berpengaruh terhadap minat belajar anak. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui PENGARUH METODE PROJECT BASED LEARNING BERBASIS E-LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS 3 SDN SUNGGAPAN dan untuk memenuhi tugas mata kuliah SCP di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nusa Putra. Penelitian ini dilakukan di SD NEGERI SUNGGAPAN. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas 3 SD NEGERI SUNGGAPAN. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi terstruktur, dokumentasi dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini diharapkan peneliti bisa mendapatkan fakta-fakta terkait Pengaruh metode pembelajaran project based learning dimasa E-learning terhadap minat belajar siswa di kelas 3 SD NEGERI SUNGGAPAN Untuk mengoptimalkan minat belajar siswa di masa pembelajaran daring.berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan program IBM SPSS Statistics 22, data menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi (sig.) dari kelas kontro (3A) dan kelas eksperimen (3B) memiliki pengaruh yang sangat rendah . Akan tetapi dari kedua data tersebut dapat kita bandingkan bahwa nilai signifikansi (sig.) di kelas eksperimen lebih kecil dibandingkan dengan nilai signifikansi (sig.) dikelas kontrol. Artinya metode project bassed learning yang di gunakan di kelas eksperimen dimasa pembelajaran e-learning lebih efektif digunakan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yang digunakan dikelas kontrol.

 

Referensi

AN Yuhana, FA Aminy (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7, 92.

Anazifa RD, Hadi RF (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- Based Learning) Dalam Pembelajaran Biologi, Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, 453-454.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

AT Nabila, Erwin, Pranata Khavisa (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Siswa IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA , 7, 1662-1663.

Buck Institute of Education. 2016. Why Project Based Learning (PBL)?, (Online), (http://www.bie.org/about/why_pbl), diakses 18 Agustus 2021

Conrad, K. & TrainingLinks. (2000). Instructional design for web-based training. Amherst: HRD Press.

Darna nana , Herlina elin (2018). memilih metode penelitian yang tepat bagi penelitian bidang ilmu manajemen, Jurnal ekonologi Ilmu Manajemen, 5, 288-289

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Handayani, S (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Ilmiah Pendidikan MIPA, 6, 143.

Kemdikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). Diakses Pada Tanggal 30 Juli 2021 Pukul 13.03 WIB. (http://www.staff.uny.ac.id).

Liu, Y., & Kulacki, F. A. (2019). Experimental design. In SpringerBriefs in Applied Sciences and Technology (pp. 49–63). https://doi.org/10.1007/978-3-030-02616-5_5

Mufid, Mufid (2017) Strategi dan pertimbangan etis dalam penulisan proposal penelitian ilmu perpustakaan dan informasi. Tik Ilmu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2, 131-144.

Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1).

Sari, P (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Ummul Quro, 6, 2-3.

Soekartawi. (2003). Prinsip dasar e-learning teori dan aplikasinya di Indonesia. Jurnal Teknodik, No.12/VII/TEKNODIK/Oktober 2003, 5-27.

Sutirman. 2013. Media & Model- Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thomas, John W. A Review of Research on Project-Based Learning. International Online Journal of Educational Sciences. 2000..

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 15-09-2022

Versi

Cara Mengutip

Suprapmanto, J., & Anggraeni, L. (2022). Pengaruh PBL Berbasis E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 3 SDN Sunggapan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 43–50. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/48 (Original work published 30 Januari 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel