Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Anak pada Masa Sistem Pembelajaran Hybrid di SDN 1 Warungkiara

Penulis

  • Nutfah Tiara Agustin Universitas Nusa Putra
  • Suci Wahyu Zakiyah Universitas Nusa Putra
  • Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra
  • Budi Kurnia Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Guru, Orangtua, Kedisiplinan

Abstrak

Penelitian yang berjudul “ Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Pada Sistem Pembelajaran Hybrid “ dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab dari masalah kedisiplinan, karena kedisiplinan itu sangat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan fakta dan data yang diperoleh dari sumber penelitian. Waktu penelitian yang dilakukan yaitu pada tanggal 4 sampai 8 Oktober 2021 , hasil dari penelitian yang dilakukan di SDN 1 Warungkiara ditemukan masih terdapat peserta didik yang kurang disiplin.

Referensi

Akmaluddin dan Haqqi, 2019 Kedisiplinan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar

Amri. Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakakarya.

Nopan, 2015. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, Volume 9, Nomor 3, Juli 2015, hlm. 464-468

Angki Aulia, 2013 Kesadaran Hukum Masyarakat Kampung Mahmud Untuk Memiliki Sertifikat atas Hak Ulayat, Universitas Pendidikan Indonesia

Canggih dan Suyatno, PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI BLEBER 1 PRAMBANAN SLEMAN, FUNDADIKDAS Vol. 1 No. 2 Edisi Juli 2018.

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia

Danial dan Wasriah. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Dinda Bellinda 2021, Mengenal Hybrid Learning dan Pro Kontra Pelaksanaannya

Djoko Widagdho, dkk, Ilmu Budaya Dasar (Jakarta : Bumi Aksara, 1994).

Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah (Jakarta : CV Ghalia Indonesia,1994)

Ekosiswoyo; Rachman. 2000. Motivasi Belajar Dan Disiplin. http://motivasibelajar-dan-disiplin-unmul.blogspot.com/. (Diakses kamis, 6 maret 2014 pukul 15.15 WIB)

Hamidah, I., Sriyono, S., & Hudha, M. N. (2020). A Bibliometric analysis of Covid-19 research using VOSviewer. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 209–216.

Huda di dalam Canggih dan Suyatno, 20 PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI BLEBER 1 PRAMBANAN SLEMAN, FUNDADIKDAS Vol. 1 No. 2 Edisi Juli 2018.

Isyoni 2009 “ Cooperative Learning “ . Bandung : Alfabeta

Naim, Ngainun. (2015). Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: ArRuzz

Nani 2021, PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DIDALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn ONLINE DI MA AL RAISIYAH TAHUN AJARAN 2019/2020 http://repository.ummat.ac.id/1800/

Mar’atus, Hanifah Peran Orang Tua Dalam Membantu Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19 volume 5 nomor 1 april 2021.

Pretty Kamaluddin, Volume 6 nomor 2, 2017 Peranan Orang Tua Dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak di Tingkat Satuan Pendidikan SMAN 18 Jakarta

Rosma, 2016 HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH JURNAL PESONA DASAR Vol. 3 No. 4

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Trianto ( 2009 ). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Kencana

Tursan Hakim, Belajar Secara Efektif ( Jakarta : Puspa Swara, 2001)

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, https://peraturan.bpk.go.id

Zeinor, Tri, Ismet, & Meini, The Implementation of Blended Learning Model on Motivation and Students’ Learning Achievement. International Journal for Educational and Vocational Studies , Volume 2 (9) (2020), 767-775.

Unduhan

Diterbitkan

26-01-2022

Cara Mengutip

Tiara Agustin, N., Wahyu Zakiyah, S., Suprapmanto, J., & Kurnia, B. (2022). Peran Guru dan Orang Tua dalam Membentuk Kedisiplinan Anak pada Masa Sistem Pembelajaran Hybrid di SDN 1 Warungkiara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 111–117. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/43

Terbitan

Bagian

Artikel