Adaptasi Teknologi Guna Kemajuan Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar
teknologi disekolah dasar
Kata Kunci:
Adaptasi, Teknologi, KemajuanAbstrak
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan informasi dan sebagai pengetahuan untuk pemahaman diri individu serta jpeserta didik di sekolah dasar terkait teknologi yang sebenarnya memiliki dampak yang baik namun masyrakat sosial kurang memanfaatkan teknologi ke arah yang lebih baik dan lebih berdaya guna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur revieuw yang bertujuan untuk menguatkan argumentasi terkait adaptasi teknologi berdaya guna pada potensi kemajuan belajar peserta didik di sekolah dasar. Jadi dapat disimpukan bahwa teknologi merupakan alat yang dapat membantu untuk mempermudah kehidupan serta dapat menjadi sebuah ketercapaian kemajuan belajar dan peserta didik di sekolah merupakan generasi penerus bangsa yanqg akan mampu bersaing di dunia di era globalisasi dan adaptasi teknologi berdaya guna untuk kemajuan peserta didik.
Pada akhirnya, upaya optimalisasi pembelajaran online menjadi tanggung jawab bersama antara guru dan orang tua. Harus ada sinergi yang baik antara keduanya. Dibutuhkan upaya bertahap untuk memaksimalkan potensi pembelajaran online.Upaya yang perlu dilakukan guru dalam hal ini adalah menjadi sumber belajar dalam pembelajaran jarak jauh. Guru juga perlu menjadi demonstrator dalam pembelajaran jarak jauh ini dimana guru menyediakan fasilitas seperti media misalnya dengan media video untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Guru juga memiliki peran guru sebagai motivator guru untuk memberikan motivasi kepada siswa. Guru juga terus melakukan pengelolaan kelas agar siswa tetap terjaga dalam proses pembelajaran meskipun dilakukan secara online. Selain itu, upaya guru untuk mengoptimalkan pembelajaran online Kelas di era pandemi, guru perlu membiasakan siswa dengan literasi membaca, berbagi tentang masalah yang dihadapi siswa selama belajar di rumah, memberikan tugas yang dikirim melalui WhatsApp dan memberikan tugas tambahan setiap minggu sekali diberikan kepada orang tua
Referensi
Prof. Udin Syaefudin Sa’ud, Ph.D. (2008), Inovasi Pendidikan di Bandung
Dr. Benny A. Pribadi, M.A. (2017), Media & Teknologi dalam Pembelajaran di Pamulang
Sudarsri Lestari (2018) Peran teknologi dalam Pendidikan di era globalisasi, jurnal
Pendidikan agama islam
M.Kaival Ilham Dkk Perkembangan teknologi dan pengarunya bagi remaja
Faulinda Ely N & Aghni Rizqi NA (2020) Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0 , Jurnal teknologi pendidikan
Dini Nur A (2020) , "Mengenal Satelit Internet Starlink Buatan Elon Musk, Artikel CNN
Wahidmurni. (2017) pemaparan metode penelitian kualitatif UIN Maulana Malik Ibrahim
Yeni asmara, (2019), Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di era revolusi industri 4.0
DA kismiati, (2019) Implementasi nilai-nilai social emotional learning (sel) melalui permainan monopoli sistem pendengaran untuk siswa SD Dyah Aniza Dyah Aniza Kismiati Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
Reni Kusmiarti dan Syukri Hamzah, (2019) Literasi dalam pemebelajaran Bahasa indonesia di era industri 4.0 Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia dan Universitas Bengkulu, Indonesia
Mursid, R and Yulia, Erma (2019) Pengembangan pembelajaran dalam teknologi Pendidikan di era RI 4.0 Digital Library Universitas Negeri Medan
Yudi Prianto and Ziyadatur DKK (2019) Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Eko Risdianto, (2019) Analisis Pendidikan di indonesia di era revolusi industri M.Cs Universitas Bengkulu.
Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.P.d (2013) Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pebelajaran di kelas FKIP, Universitas Wisnuwardhana Malang