Adaptasi Teknologi Guna Kemajuan Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar

teknologi disekolah dasar

Penulis

  • zuliana dwi takari Universitas Nusa Putra
  • Ulfi Lutfiah Sari universitas nusa putra
  • nadiya hamidah universitas nusa putra

Kata Kunci:

Adaptasi, Teknologi, Kemajuan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan informasi dan sebagai pengetahuan untuk pemahaman diri individu serta jpeserta didik di sekolah dasar terkait teknologi yang sebenarnya memiliki dampak yang baik namun masyrakat sosial kurang memanfaatkan teknologi ke arah yang lebih baik dan lebih berdaya guna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur revieuw yang bertujuan untuk menguatkan argumentasi terkait adaptasi teknologi berdaya guna pada potensi kemajuan belajar peserta didik di sekolah dasar. Jadi dapat disimpukan bahwa teknologi merupakan alat yang dapat membantu untuk mempermudah kehidupan serta dapat menjadi sebuah ketercapaian kemajuan belajar dan peserta didik di sekolah merupakan generasi penerus bangsa yanqg akan mampu bersaing di dunia di era globalisasi dan adaptasi teknologi berdaya guna untuk kemajuan peserta didik.

Pada akhirnya, upaya optimalisasi pembelajaran online menjadi tanggung jawab bersama antara guru dan orang tua. Harus ada sinergi yang baik antara keduanya. Dibutuhkan upaya bertahap untuk memaksimalkan potensi pembelajaran online.Upaya yang perlu dilakukan guru dalam hal ini adalah menjadi sumber belajar dalam pembelajaran jarak jauh. Guru juga perlu menjadi demonstrator dalam pembelajaran jarak jauh ini dimana guru menyediakan fasilitas seperti media misalnya dengan media video untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Guru juga memiliki peran guru sebagai motivator guru untuk memberikan motivasi kepada siswa. Guru juga terus melakukan pengelolaan kelas agar siswa tetap terjaga dalam proses pembelajaran meskipun dilakukan secara online. Selain itu, upaya guru untuk mengoptimalkan pembelajaran online Kelas di era pandemi, guru perlu membiasakan siswa dengan literasi membaca, berbagi tentang masalah yang dihadapi siswa selama belajar di rumah, memberikan tugas yang dikirim melalui WhatsApp dan memberikan tugas tambahan setiap minggu sekali diberikan kepada orang tua 

Referensi

Prof. Udin Syaefudin Sa’ud, Ph.D. (2008), Inovasi Pendidikan di Bandung

Dr. Benny A. Pribadi, M.A. (2017), Media & Teknologi dalam Pembelajaran di Pamulang

Sudarsri Lestari (2018) Peran teknologi dalam Pendidikan di era globalisasi, jurnal

Pendidikan agama islam

M.Kaival Ilham Dkk Perkembangan teknologi dan pengarunya bagi remaja

Faulinda Ely N & Aghni Rizqi NA (2020) Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0 , Jurnal teknologi pendidikan

Dini Nur A (2020) , "Mengenal Satelit Internet Starlink Buatan Elon Musk, Artikel CNN

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200709125955-199-522717/mengenal-satelit-internet-starlink-buatan-elon-musk

Wahidmurni. (2017) pemaparan metode penelitian kualitatif UIN Maulana Malik Ibrahim

Yeni asmara, (2019), Penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di era revolusi industri 4.0

DA kismiati, (2019) Implementasi nilai-nilai social emotional learning (sel) melalui permainan monopoli sistem pendengaran untuk siswa SD Dyah Aniza Dyah Aniza Kismiati Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Reni Kusmiarti dan Syukri Hamzah, (2019) Literasi dalam pemebelajaran Bahasa indonesia di era industri 4.0 Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia dan Universitas Bengkulu, Indonesia

Mursid, R and Yulia, Erma (2019) Pengembangan pembelajaran dalam teknologi Pendidikan di era RI 4.0 Digital Library Universitas Negeri Medan

Yudi Prianto and Ziyadatur DKK (2019) Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

ANALISIS PENDIDIKAN INDONESIA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Eko Risdianto, (2019) Analisis Pendidikan di indonesia di era revolusi industri M.Cs Universitas Bengkulu.

Febi Dwi Widayanti, S.Pd., M.P.d (2013) Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pebelajaran di kelas FKIP, Universitas Wisnuwardhana Malang

File Tambahan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

dwi takari, zuliana, Lutfiah Sari, U., & hamidah, nadiya. (2022). Adaptasi Teknologi Guna Kemajuan Belajar Peserta didik di Sekolah Dasar : teknologi disekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 124–129. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/27

Terbitan

Bagian

Artikel