Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Intan Putri Kania Universitas Nusa Putra
  • Resnawati Febriani P Universitas Nusa Putra
  • Siti Syarah Sarmila Universitas Nusa Putra
  • Dhea Adelia Universitas Nusa Putra

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menegtahui perkembangan kemampuan siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME; dan dapat mengetahui perbedaan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran secara RME dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konversional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode literature review. Dari hasil penelitian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa menggunakan bahan ajar dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) sangat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, karna bahan ajar tersebut menjadikan 1) alat bantu siswa dalam memahami konsep 2) siswa dikaitkan dengan kehidupan nyata yang yang akan menumbuhkan rasa semangat belajar sehingga hasil belajar matematika siswa meningkat.

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Kania, I. P., P, R. F. ., Sarmila, S. S. ., & Adelia, D. . (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/26

Terbitan

Bagian

Artikel