Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Keluarga
Kata Kunci:
Keluarga, Pendidikan, Orang TuaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara orang tua dalam mendidik anak di keluarga. Model penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi atau deskripsi. Hasil dari penelitian ini Keluarga adalah masyarakat alamiyah yang pergaulan diantara anggotanya bersifat khas. Dalam lingkungan ini terdapat dasar-dasar pendidikan. Pendidikan keluarga ialah proses pembiasaan nilai-nilai agama, moral, dan sosial. Tujuan diadakannya pendidikan didalam keluarga yaitu Menanamkan Dasar Pendidikan Moral dimana anak belajar untuk membedakan berbagai perilaku mana yang benar dan mana yang salah. Orang tua mempunyai peran untuk membantu tumbuh kembang anak, sehingga anak mendapat perkembangan dengan baik. Orang tua mempunyai kewajiban untuk melindungi anak, membesarkan anak, dan memenuhi hak hidup anak. Cara mendidik anak dengan baik yaitu dengan cara tidak melakukan kekerasan, anak harus diperlakukan dengan baik, karena sifat anak adalah meniru yang dicontohkan oleh orang tua nya, jika orang tua berperilaku negatif maka anak akan mencontohnya dan melakukan hal yang sama kepada teman-temannya.
Referensi
Sadulloh, 2010: 62 tentang Lingkungan sosial https://media.neliti.com/media/publications/214657-analisis-faktor-linkungan-sosial-penyeb
Khasinah, Februari, 2013 Jurnal Ilmiah DIDAKITA “Hakikat manusia menurut pandangan Islam dan Barat”
https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/480/398
Mussen, P.H., Conger J.J., Kagan, J., 7 Huston, A.C (1994) Perkembangan dan Kepribadian Anak Jakarta ARCAN
Suyadi, (2016) Jurnal Ilmiah Tumbuh kembang Anak Usia Dini
http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage
Hasan, (2010) PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Bagus Mustakim (2011) “Pengertian Pendidikan karakter” https://www.wuryantoro.com/2019/01pengertian-pendidikan-karakter-menurut.html?m=1 diakses pada 16 Oktober 2021 pukul 14.10
UUD pasal 31 ayat 3 tentang Pendidikan dan Kebudayaan
https://mkri.id/public/content/persidangan/resume/resume_perkara_Perkara%2021%20BHP%20dan%20SIDIKNAS.pdf diakses pada 16 Oktober 2021 pukul 14.25
Helmawati,(2014) Pendidikan Keluarga: Teoritis dan Praktis. Bnadung: Remaja Rosdakarya di Indonesia https://www.academia.edu/37730429/Pendidikan_Karakter_di_Indonesia.pdf diakses pada 23 Oktober 2021 pukul 10.41
Departement Agama RI Undang-Undang tentang fakir miskin dan anak-anak yang terlantar
http://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2009/11TAHUN2009UUPenjel.htm diakses pada
Konsep Miles dan Huberman Ghony, 2014 Teknis analisis data
Teman sebaya Pengertian Lingkungan Teman sebaya. http://www.psychologymania.com/2014/03/pengertian-lingkungan-teman-sebaya.html?m=1 diakses pada 23 Oktober 2021 pukul 11.05
Dr. H. Syamsu Yusuf LN., M.Pd.(2014) Psikologi Perkembangan, Anak dan Remaja
Santrock, John W. (1995) Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup: edisiskelima jilid 1 Jakarta: Erlangga
Suharsono, Joko Tri, Aris Fitriyani, dan Arif Setyo Upoyo (2009) Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemampuan Sosialisasi pada Anak Kemampuan Sosialisasi pada Anak Prasekolah di TK Pertiwi Purwokerto Utara. Jurnal Keperawatan Soesirman 4(3) https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.
Apriastuti, Dwi Anita. (2013) Analisis Tingkat Penddikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48-60. Bidan Prada: Jurnal Publikasi Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto 4 (01) http://ojs.akbidylpp.ac.id/index.php/Prada/article/view/28
Inikah, Siti. (2015) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kecemasan Komunikasi terhadap Kepribadian Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam 6(1): 19-37
(Sumitro, dkk, 2006:81)
(Tarsidi, t.t), Didi. t.t. Peranan Hubungan Teman Sebaya dalam Perkembangan Kompetensi Sosial Anak, 9
(Maryatum, 2016), Ika Budi. (2016). Peran Pendidik PAUD Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak 5 (1).https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.123
Zastrow dalam (Kurniawan, dkk, t.t) tentang Lingkungan masyarakat https://www.researchgate.net/publication/341052578_Peran_Lingkungan_Sosial_terhadap_Pembentukan_Karakter_Anak_Usia_Dini_di_Jogja_Green_School
Subianto, Jito. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 8 (2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2 .757
Fathurrohman, Muhammad. (2016). Pembawaan, Keturunan, Dan Lingkungan Dalam Perspektif Islam. KABILAH : Journal of Social Community 1 (2): 379–406
Vembriarto (2008) Pengertian Lingkungan Teman Sebaya
https://text-id.123dok.com/document/oy80r6l2q-pengertian-lingkungan-teman-sebaya.html
Slavin (2008:98) Pengertian Lingkungan Teman Sebaya
Andrian (2012) Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Djogja Green School https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/6293/pdf_1
Thomas Lickona dalam Sudrajat (2011) Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dalam Buku Educating For Character:How our Schools Can Teach Respect And Responsibility dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam
KOMNAS perlindungan anak (KPAI) https://news.detik.com/berita/d-4128703/ada-504-kasus-anak-jadi-pelaku-pidana-kpai-soroti-pengawasan-ortu