Upaya Mengembalikan Jati Diri Siswa dengan Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter

pendidikan karakter

Penulis

  • Maya Damayanti Universitas Nusa Putra
  • siti Universitas Nusa Putra
  • joko suprapmanto universitas nusa putra

Kata Kunci:

Jati diri, Nilai karakter, pendidikan karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan solusi untuk menerapkan Kembali nilai-nilai karakter pada diri siswa sekolah dasar. Sehingga, memudahkan para pendidik untuk mendapatkan strategi dalam menanamkan nilai Pendidikan karakter. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah literatur review. Literatur review merupakan salah satu dari sekian banyak teknik yang dapat digunakan untuk melakukan kegiatan penelitian. Literatur review berada pada posisi paling atas dari hierarchy of evidence. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hilangnya jadi diri siswa dikarenakan tergerus oleh perubahan zaman, sehingga sebagai tenaga pendidik kita harus mengembalikan jati diri siswa dengan menanamkan nilai karakter dan nilai moral. bahwa dalam membentuk manusia seutuhnya ada unsur-unsur yang tidak terpisahkan dari pendidikan yaitu pengakuan dan penghargaan akan nilai-nilai kemanusiaan. Pengakuan dan penghargaan itu hanya akan tumbuh manakala perilaku moral dalam diri seseorang ditanamkan.

Referensi

Ahmad, Nawawi. (2010). Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Cahyono. (2019). Literature Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan jurnal. LPPM Akademi Keperawatan Dian Husada.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Kesuma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kirschenbaum, H. 1995. 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings, Boston: Allyn and Bacon, 1995.Bantam Books.

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York.

Strauss dan Corbin. 1997. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif Prosedur, Tehnik, dan Teori. Surabaya: Bina Ilmu Ofset.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

File Tambahan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Damayanti, M., Nurhasanah, S., & suprapmanto, joko. (2022). Upaya Mengembalikan Jati Diri Siswa dengan Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter: pendidikan karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 100–110. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/17

Terbitan

Bagian

Artikel