Pengaruh Model SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Pemahaman konsep IPA, Model SAVI, Pembelajaran aktif, Hasil belajar, KreativitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, dan Intellectual) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar melalui metode studi literatur. Dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur, termasuk buku, jurnal, dan artikel yang relevan, penelitian ini menggali penerapan Model SAVI dalam konteks pembelajaran dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa Model SAVI efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa serta hasil belajar, dengan bukti empiris yang menunjukkan peningkatan signifikan pada siswa yang menerapkan metode ini dibandingkan dengan metode konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Model SAVI merupakan strategi pembelajaran yang layak diterapkan di kelas untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan merekomendasikan penerapan metode ini sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di sekolah dasar.
Referensi
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P. S., & Ningrum, W. W. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ali, W. A., Syam, N., & Yulia, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Sidenreng Rappang. Pinisi Journal of Education, 3(2), 109–120.
Anggraissi, H. S., Qomario, Q., & Mashari, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Trimulyo Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 53–56. https://doi.org/10.58222/jurip.v2i2.152
Anjasari, N. L., Mulyasari, E., & Hermawan, R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 1–11.
Cahyani, I. W. N., & Setyawan, A. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS II SDN NGLUMBER 1. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 44–51.
Khairunnisa, R., Kusumarini, E., & Riyandana, A. (2023). Pentingnya Penggunaan Ice Breaking Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas Vd Di Sdn 012 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 50–54.
Lestari, N. F. (2020). Efektivitas model pembelajaran savi (somatic, auditory, visual, intellectualy) dalam meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan keterampilan 4c di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91.
Mirfan, M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 3 BARANTI KECAMATAN BARANTI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111.
Tiyas, D., & Fatimah, M. (2019). Keefektifan model savi terhadap minat dan hasil belajar ipa sdn lawatan 01 kabupaten tegal. Indonesian Journal of Conservation, 8(1).
Wiyono, H., Rahayuningtyas, W., & Anggoro, B. K. (2024). Tren Pembelajaran Diferensiasi dalam Kajian Guru di Indonesia: Analisis Jurnal Terindeks Sinta. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 512–520. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p512-520
