Penggunaan Model pembelajaran SAVI Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
SAVI, Kemampuan Kognitif, Sekolah DasarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan kognitif siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review) yaitu melibatkan identifikasi, peninjauan, evaluasi, dan menafsirkan seluruh hasil penelitian yang ada. Jurnal dn artikel yang digunakan dalam penelitian ini pada rentang waktu lima tahun terakhir dan sesuai dengan tema penelitian yaitu tentang penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan kognitif siswa yang diperoleh dari Google Scholar. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis seluruh artikel dengan topik penelitian yang sama. Dari penelitian ini didapat bahawa penggunaan model SAVI efektif terhadap hasil belajar kognitif, menggunakan media audio visualdan dan aplikasi animaker.
Referensi
E. Mulyasa, “Penelitian tindakan kelas,” Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2010.
S. B. Djamarah and A. Zain, “Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta,” Kemamp. Spasial, 2010.
N. Sudjana, “Penilaian hasil proses belajar mengajar,” 2010.
E. P. Widyoko, “Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Yogyakarta.” Pustaka Pelajar, 2014.
R. A. Fitri, M. Akhmansyah, and C. Amriyah, “Implementasi Model Pembelajaran Accelereted Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan di Madrasah Aliyah Tahfidz Al-Qur’an Romadhon,” Attract. Innov. Educ. J., vol. 5, no. 1, pp. 88–102, 2023.
R. Astuti, “The Accelerated Learning Handbook-Panduan Kreatif Dan efektif Merancang Program Pendidikan Dan Pelatihan (Dave Meier. Terjemahan),” Bandung: Kaifa, 2002.
J. Purwono, “Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan,” J. Teknol. Pendidik. dan pembelajaran, vol. 2, no. 2, p. 142050, 2014.
E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. W. Putra, and B. Iswara, “Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 63–77, 2019.
S. Sartika and M. Octafianti, “Pemanfaatan Kahoot untuk pembelajaran matematika siswa kelas X pada materi sistem persamaan linear dua variabel,” J. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 373–385, 2019.
Ageng Bakti, “KEEFEKTIFAN MODEL SAVI BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS III SDN UJUNGRUSI 03 KABUPATEN TEGAL,” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2019.
R. E. Primadani, C. Dewi, and M. K. Sari, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC,
AUDITORI, VISUAL, DAN INTELLECTUAL) BERBANTUKAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 1791–1801, 2023.
E. C. Aritonang and N. F. Ariffiando, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN DI GUGUS VII KOTA BENGKULU,” JURIDIKDAS J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 3, pp. 389–402, 2023.
R. E. Primadani, C. Dewi, and M. K. Sari, “Implementasi model SAVI berbantu video terhadap keterampilan berpikir kritis kelas IV SD,” Pros. Konf. Ilm. Dasar, vol. 4, pp. 1424–1429, 2023.
S. RESTIANI, “SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH,” 2023.
S. Aris, “model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013,” Yogyakarta: Ar-ruzz media, 68AD.
R. R. Aliyyah, A. Amini, I. Subasman, E. S. B. Herawati, and S. Febiantina, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran,” J. Sos. Hum., vol. 12, no. 1, pp. 54–72, 202
