Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • lusiani isty astuti astuti Pemakalah / presenter
  • Fitria Nurulaeni Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Dampak pola asuh, Perkembangan Kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan dampak pola asuh otoriter terhadap perkembangan Kognitif pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional dan 1 skripsi pada rentang tahun 2017 sampai tahun 2022 yang sesuai dengan topik peneliti kaji yaitu tentang kesulitan membaca permulaan siswa sekolah dasar serta faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan diperoleh dari google scholar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis semua artikel yang mempunyai topik penelitian yang sama dalam penelitian ini. Dari penelitian ini didapat dampak pola asuh terhadap perkembangan Kognitif siswa yaitu (1) siswa memiliki rasa kepercayaan diri yang kurang (2) siswa kesulitan dalam mengambil keputusan.(3) siswa kesulitan dalam mengungkapkan pendapat.(4)siswa kesulitan mengingat pelajaran.Lalu didapat 2 faktor yang mempengaruhi dampak pola asuh otoriter terhadap perkembangan Kognitif siswa (1) Faktor internal yaitu: psikologis serta minat siswa (2) Faktor eksternal yaitu: Lingkungan sekolah serta orang tua.

Referensi

F. Damayanti, “Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak di kelompok b1 tk kemala bhayangkari 01 pim staf besusu tengah,” Bungamputi, vol. 4, no. 3, 2017.

C. W. P. Sari, “Pengaruh pola asuh otoriter orang tua bagi kehidupan sosial anak,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 76–80, 2020.

A. R. Baswedan, “Wanita Karier & Pendidikan Anak,” Yogyakarta Ilmu Giri, 2015.

J. Santrock, & Edition A Topical Approach to Life-Span Development. 2002.

S. Yusuf, “Psikologi perkembangan anak dan remaja,” 2004.

L. Ilham, “Dampak pola asuh otoriter terhadap pekembangan anak,” Islam. EduKids J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 63–73, 2022.

J. Jojon, T. D. Wahyuni, and S. Sulasmini, “Hubungan pola asuh over protective orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah di SDN Tlogomas 1 kecamatan Lowokwaru Malang,” Nurs. News J. Ilm. Keperawatan, vol. 2, no. 2, 2017.

B. Taib, D. M. Ummah, and Y. Bun, “Analisis pola asuh otoriter orang tua terhadap perkembangan moral anak,” J. Ilm. Cahaya Paud, vol. 2, no. 2, pp. 128–137, 2020.

M. Lestari, “Hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian anak,” J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 1, pp. 84–90, 2019.

U. Khiyarusoleh, “Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget: Array,” Dialekt. J. Pemikir. Dan Penelit. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, 2016.

A. S. Anisah, “Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak,” J. Pendidik. UNIGA, vol. 5, no. 1, pp. 70–84, 2017.

E. Triandini, S. Jayanatha, A. Indrawan, G. W. Putra, and B. Iswara, “Metode systematic literature review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 63–77, 2019.

S. Sartika and M. Octafianti, “Pemanfaatan Kahoot untuk pembelajaran matematika siswa kelas X pada materi sistem persamaan linear dua variabel,” J. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 373–385, 2019.

S. Haryanto, A. C. Retno, D. S. Javanis, and D. Fuadi, “PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, 2024.

S. Ariani and L. S. Amelia, “Pola Asuh Orang Tua Berpengaruh Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah,” J. Kesehat., vol. 12, no. 2, pp. 205–210, 2023.

E. Kadrianti, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Anak Kelas 1 Di Sekolah Dasar Negeri Bung Makassar,” Nurs. Insid. Community, vol. 1, no. 1, pp. 22–26, 2018.

A. G. Yasmin, A. R. Zada, N. Fadila, S. Rohmah, and A. Ahmad, “Pengaruh pola asuh orang tua terhadap tumbuh kembang kognitif dan emosional anak,” Sustain. J. Kaji. Mutu Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 308–318, 2023.

A. H. Paramithaningrum, S. Y. Wardani, and B. D. Pratama, “Studi literatur pengaruh pola asuh otoriter terhadap kepribadian introvert pada remaja,” in SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2023, pp. 243–249.

A. E. Pangesti, “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Toodler,” DIII Keperawatan, 2019.

F. Ibda, “Perkembangan kognitif: teori jean piaget,” Intelektualita, vol. 3, no. 1, 2015.

A. Syahrin, “HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK NEGERI 13 PEMBINA KABUPATEN MAROS,” 2023.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

astuti, lusiani isty astuti, & Nurulaeni , F. . (2024). Dampak Pola Asuh Otoriter Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 26–33. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/160