Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Di SDN Cicurug
Kata Kunci:
Pembelajaran Diferensiasi , Pendidikan Dasar , Hasil Belajar , Motivasi Belajar, Pemahaman KonsepAbstrak
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang efektif untuk mengakomodasi beragam kebutuhan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD. Melalui analisis data kualitatif, ditemukan bahwa strategi diferensiasi konten, proses, dan produk mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPAS Tantangan yang dihadapi dalam implementasi serta implikasi bagi praktik pembelajaran , Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran IPAS. Melalui desain penelitian kuasi-eksperimen, ditemukan bahwa siswa yang menerima pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam nilai tes dibandingkan dengan kelompok kontrol Temuan ini mengindikasikan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS. untuk mengetahui persepsi siswa kelas IV SD terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS. melalui analisis data kualitatif, ditemukan bahwa sebagian besar siswa merasa lebih tertantang, termotivasi, dan menikmati proses pembelajaran. Selain itu, siswa juga merasa lebih memahami materi IPAS karena pembelajaran disesuaikan dengan gaya belajar masing- masing kelompok peserta didik yang efektif.
Referensi
Tomlinson, C.A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandria, VA: ASCD.
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.
Tomlinson, C.A., & Imbeau, M.B. (2010). Leading and Managing a Differentiated Classroom. Alexandria, VA: ASCD Bloomington, IN: Solution Tree Press.
Dunn, R., & Dunn, K. (1992). Teaching Elementary Students Through Their Individual Learning Styles: Practical Approaches for Grades 3-6. Boston: Allyn & Bacon
Ormrod, J.E. (2016). Human Learning (7th ed.). Boston: Pearson
Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books
Gregory, G.H., & Chapman, C. (2013). Differentiated Instructional Strategies: One Size Doesn’t Fit All. Thousand Oaks, CA: Corwin
Marzano, R.J. (2007). The Art and Science of Teaching: A Comprehensive Framework for Effective Instruction. Alexandria, VA: ASCD
Hall, T., Strangman, N., & Meyer, A. (2003). Differentiated Instruction and Implications for UDL Implementation. National Center on Accessing the General Curriculum.
Robb, L. (2008). Differentiating reading instruction: How to teach reading to meet the needs of each student. New York, NY: Scholastic
Anderson, K. M. (2007). Tips for teaching: Differentiating instruction to include all studens
