Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi IPA Dengan Penerapan Pembelajaran STEAM

Penulis

  • resna fahreza Mahasiswa
  • Sheryl M Putri Universitas Nusa Putra
  • Theresia N Gulo Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Berfikir Kreatif , STEAM , IPA , Pembelajaran

Abstrak

Seiring pesatnya teknologi pada masa saat ini, agar tidak ketinggalan maka pendidikan perlu di desain sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini membahas tentang analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi IPA dengan penerapan pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEAM) dengan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan STEAM pada materi IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah study pustaka. Teknik pengumpulan data yang dilakukan untuk mengeksplorasi dan/atau menelaah beberapa sumber-sumber yang terdiri dari buku, jurnal-jurnal, dokumen cetak maupun elektronik serta berbagai sumber informasi lainnya yang relevan dan berkaitan dengan kajian terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, diperlukan implementasi pembelajaran STEAM secara lebih luas dalam keberlangsungan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

fahreza, resna, Putri, S. M., & Gulo, T. N. (2024). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi IPA Dengan Penerapan Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 53–61. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/158