PENGARUH STRATEGI PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP MENULIS CERITA ANAK DALAM BAHASA INDONESIA YANG BENAR

Penulis

  • Theresia Novelia Gulo Universitas Nusa Putra
  • Sheryl M Putri Universitas Nusa Putra
  • Resna Fahreza Universitas Nusa Putra
  • Kohar Pradesa Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Strategi , Predict Observe Explain ( POE) , Menulis Cerita , Bahasa Indonesia

Abstrak

Model pembelajaran POE merupakan salah satu model pembelajaran yang mengacu pada teori belajar kontrol tipis di mana esensi dari modal pembelajaran ini merupakan siswa sendiri yang membangun pengetahuan awalnya sendiri dan dengan bantuan guru dalam pembelajaran mereka berusaha menemukan hal baru dan akhirnya mampu mengontruksi pengetahuan sesuai dengan hasil pembelajaran yang diperoleh poin merupakan model pembelajaran dimana guru berperan menggali pemahaman peserta didik dengan cara meminta mereka untuk melaksanakan tugas utama yaitu prediksi(predict), observasi (Observe) dan penjelasan (explain). Penelitian artikel ini memakai metode kepustakaan dengan mengumpulkan data dilakukan untuk mengkaji beberapa sumber yang terdiri dari jurnal, buku, dan dokumen-dokumen baik yang berbentuk cetak maupun elektronik serta sumber-sumber data dan atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian terkait. target daam penelitian ini adalah siswa/siswi Sd kelas IV di sekolah kehidupan baru.dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh, apa dan bagaimana pengaruh strategi predict observe terhadap menulis cerita anak dalam menggunakan bahasa yang benar.

 

 

 

 

Referensi

H. SUYUTI, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVATION EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA RAKYAT MURID KELAS V SD INPRES BONTOBU’NE KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA,” pp. 5–10, 2019.

A. Rosidah, W. D. Puspitasari, and A. F. Dewi, “Pentingnya Model Pembelajaran Poe ( Predict , Observe , Explain ) Dalam Pembelajaran Ipa,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 03, pp. 166–169, 2021.

I. A. Muna, “Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA,” J. Stud. Agama, vol. 5, no. 1, pp. 73–91, 2017.

J. Caron and J. R. Markusen, “Model Poe merupakan model yang mampu membawa siswa pada pada peramalan suatu keadaan serta mengalami kejadian yang diramalkan itu sendiri secara langsung sehingga mampu menjelaskan sebuah keadaan dengan definitif manfaat pola pembelajaran ini sangat mampu,” pp. 1–23, 2016.

R. Dezricha Fannie and Rohati, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS POE (Predict, Observe, Explain) PADA MATERI PROGRAM LINEAR KELAS XII SMA,” J. Sainmatika, vol. 8, no. 1, pp. 96–109, 2014.

N. P. E. Yupani, N. N. Garminah, and L. P. P. Mahadewi, “Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2013.

E. 2013. Bureau, “Aplikasi Prediksi Kebutuhan Bahan Baku Barang Cetakan Menggunakan Metode Arima Berbasis Web.,” no. 55, pp. 6–26, 2019.

F. S. Fathonah, “Penerapan Model Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 171–178, 2016.

H. Hasanah, “Teknik-teknik observasi,” pp. 21–46.

Y. Wulandari, N. Kurniah, and D. D. Delrefi D., “KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN (Di TK Witri 2 Kota Bengkulu),” J. Ilm. Potensia, vol. 3, no. 1, pp. 49–53, 2019, doi: 10.33369/jip.3.1.49-53.

J. Juharti, S. Saleh, and R. Niswaty, “Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Pangkep,” 2019.

Arifin, “Hakikat menulis puisi,” Modul 1, vol. 1, no. menulis, p. 20, 2019.

D. A. I. Mustafa and A. Efendi, “Pengembangan bahan ajar pembelajaran menulis cerita berbasis pendekatan proses bagi siswa SMP,” LingTera, vol. 3, no. 1, p. 1, 2016, doi: 10.21831/lt.v3i1.8469.

E. Saputra, “Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia,” J. Al-Irsyad, , vol. IV, no. 1, pp. 70–74, 2014.

K. Y., S. I.G.W, and A. L. D. S., “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please,” Indones. Gend. Soc. J., vol. 2, no. 1, pp. 10–17, 2021, doi: 10.23887/igsj.v2i1.39207.

W. W. A, “Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia,” J. Keperawatan Malang, vol. 1, no. 1, 2018, doi: 10.36916/jkm.v1i1.45.

A. Puspitasari, “Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dalam Pendidikan Dan Pengajaran,” Tamaddun, vol. 16, no. 2, pp. 81–87, 2017, doi: 10.33096/tamaddun.v16i2.55.

A. T. W. Sari and D. H. Alarifin, “Pengembangan Modul Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Materi Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif,” J. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, p. 124, 2016, doi: 10.24127/jpf.v4i2.531.

R. Widyaningrum, S. Sarwanto, and P. Karyanto, “Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” Bioedukasi J. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, p. 100, 2013, doi: 10.20961/bioedukasi-uns.v6i1.3920.

A. Y. U. A. Y. U. SYANIA, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS POE (PREDICT, OBSERVE and EXPLAN) MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP …,” 2021.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Novelia Gulo, T., Putri, S. M., Fahreza, R., & Pradesa, K. (2024). PENGARUH STRATEGI PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP MENULIS CERITA ANAK DALAM BAHASA INDONESIA YANG BENAR . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 44–52. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/157