Studi Literatur Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika
Kata Kunci:
Keterlibatan orang tua, Hasil Belajar Matematika, Sekolah DasarAbstrak
Orang tua merupakan pendidikan pertama dan utama bagi anak. Pendidikan keluarga yang maksimal memiliki kecenderungan untuk meningkatkan minat anak dalam belajar, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pula terhadap hasil belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk Mengevaluasi dan merangkum temuan-temuan penelitian sebelumnya yang membahas pengaruh keterlibatan orang tua terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode SLR. Systematic Literature Review merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk pada metodologi penelitian atau riset tertentu, pengembangan yang dilakukan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi penelitian yang terkait pada fokus topik tertentu. Pengumpulan bahan penelitian terkait pengaruh orang tua terhadap hasil belajar matematika berupa buku, artikel, dan sumber lainnya. Hasil peneitian ini menunjukan bahwa keterlibatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar.
Referensi
S. Ujud, T. D. Nur, Y. Yusuf, N. Saibi, and M. R. Ramli, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan,” J. Bioedukasi, vol. 6, no. 2, pp. 337–347, 2023, doi: 10.33387/bioedu.v6i2.7305.
N. M. Hasanah, “Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal,” JECED J. Early Child. Educ. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 84–97, 2019, doi: 10.15642/jeced.v1i2.462.
H. Wahy, “Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 12, no. 2, 2012.
I. Lismayanti, Y. A. Gunawan, L. S. Budiarti, S. Sukatin, and M. Yusup, “Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” Hijaz J. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 2, no. 1, pp. 20–26, 2023, doi: 10.57251/hij.v2i1.864.
S. Nasution, “Pendidikan lingkungan keluarga,” Tazkiya, vol. 8, no. 1, pp. 115–124, 2019.
A. Besari, “Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak,” Besari, Anam, vol. 13, no. 1, p. 165, 2022.
M. Syifa Musfiyyah, “MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah © Mubtadi : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah,” vol. 3, no. 2, pp. 157–171, 2022.
S. Theresia, R. Sipayung, and E. Simarmata, “Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas Va Sd Agia Sophia,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 6, no. 2, pp. 407–412, 2020, doi: 10.31949/educatio.v6i2.556.
T. Nurrita, “Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa,” vol. 03, pp. 171–187, 2018.
R. Ricardo and R. I. Meilani, “Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 2, no. 2, p. 79, 2017, doi: 10.17509/jpm.v2i2.8108.
P. R. Hijriati, “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 7, no. 1, p. 152, 2021, doi: 10.22373/bunayya.v7i1.9295.
Dyah Anungrat Herzamzam, “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar,” Visipena J., vol. 9, no. 1, pp. 67–80, 2018, doi: 10.46244/visipena.v9i1.430.
S. Lestari, “Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar,” JMIE (Journal Madrasah Ibtidaiyah Educ., vol. 5, no. 1, p. 141, 2021, doi: 10.32934/jmie.v5i1.226.
P. Pangestu and A. U. P. Santi, “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Suasana Pembelajaran Yang Menyenangkan Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar,” FIBONACCI J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 2, no. 2, p. 58, 2016, doi: 10.24853/fbc.2.2.58-71.
S. Nurul Hikmah and V. Hendra Saputra, “Studi Pendahuluan Hubungan Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Ilm. Mat. Realis. (JI-MR, vol. 3, no. 1, pp. 7–11, 2020.
Y. Wahyudin and D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 15, no. 3, pp. 26–40, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
E. A. Cahyono, Sutomo, and A. Harsono, “Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan,” J. Keperawatan, p. 12, 2019.
A. Setiawan, A. Revina, D. Perwitasari, S. Agustine, and S. D. Astuti, “Pengaruh Interaksi Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 33–40, 2024, doi: 10.33830/penaanda.v2i1.7822.
N. Afni and J. Jumahir, “Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak,” Musawa J. Gend. Stud., vol. 12, no. 1, pp. 108–139, 2020, doi: 10.24239/msw.v12i1.591.
M. Thahir, A. Rachmaniar, and W. Thahir, “Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik,” Indones. J. Educ. Couns., vol. 8, no. 1, pp. 99–107, 2024, doi: 10.30653/001.202481.343.
S. S. Mentari, Y. Yuni, and N. Vioreza, “Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aljabar di Masa Pandemi COVID-19,” J. Instr. Math., vol. 2, no. 2, pp. 55–63, 2021, doi: 10.37640/jim.v2i2.1021.
T. Eliyanti, T. Prasetyo, and A. Mawardini, “Analisis Keterlibatan Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pengajaran Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 11–19, 2023, doi: 10.56855/jpsd.v2i1.208.
V. Rantari, B. Hasanah, D. Ervia, and T. Ismawan, “ARTIKEL+Via+rantari+unimed,” Katalis Pendidik. J. Ilmu Pendidik. dan Mat., vol. 1, no. 2, pp. 213–219, 2024.
R. E. Standsyah, E. Legawati, and I. Sugianto, “Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK,” Pros. Semin. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 1, no. 1, pp. 126–129, 2019, doi: 10.21831/pspmm.v1i0.28.
A. R. Tresna Dewi, “Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak,” J. Golden Age, vol. 2, no. 02, p. 66, 2018, doi: 10.29408/goldenage.v2i02.1024.
R. Diadha, “Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak,” Edusentris, vol. 2, no. 1, p. 61, 2015, doi: 10.17509/edusentris.v2i1.161.
R. N. Sari, R. Sari, F. Antariska, and Y. F. Putri, “Keterlibatan Orang Tua Dalam Acara Bersama Hari Konsultasi Orang Tua Dan Kunjungan Rumah,” J. Multidisipliner Kapalamada, vol. 1, no. 02, pp. 236–244, 2022, doi: 10.62668/kapalamada.v1i02.178.
K. JASMINE, “Keterlibatan orang tua dalam pendidikan,” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, pp. 9–32, 2014.
J. L. Epstein et al., School, family, and community partnerships: Your handbook for action. Corwin Press, 2018.
