Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SD

Penulis

  • Suci Suci Wahyu Zakiyah Universitas Nusa Putra
  • Joko Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Motivasi, IPAS, 4 SD, Model pembelajaran, Media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi belajar IPAS siswa kelas 4 SD. Menggunakan metode study literature dengan mengumpulkan beberapa artikel terkait permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPAS). Ditemukan beberapa artikel yang menyatakan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPAS, model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik sehingga siswa mudah bosan, media pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Selain itu, hubungan siswa dengan orangtua yang kurang baik. Kemudian ditawarkan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS.

Referensi

M. Ridwan, S. AM, B. Ulum and F. Muhammad, "Pentingnya Penerapan Literatur Review Pada Penelitian Ilmiah," Jurnal Masohi, vol. 02, 2021.

J. Suprapmanto and S. W. Zakiyah, "Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada Siswa Kelas 4 SD," Jurnal Belaindika :Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, vol. 06, 2024.

I. S. Safitri, S. Novianti, F. Chan, K. M. Nurlutvhia and A. P. Simatupang, "Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS Muatan IPAS di Sekolah Dasar," Ainara Journal Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat Bidang Ilmu Pendidikan, vol. 5, pp. 77-81, 2024.

K. Aulia and M. L. Arifin, "Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Perspektif Gender," Dialektika, vol. 8, 2024.

F. M. Sibagariang, D. R. Diwanti, K. A. Haq and A. Y. Pratama, "Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV," Jurnal Basicedu, vol. 8, pp. 2411-2419, 2024.

H. R. Sari, D. Hasanah, H. M. Zulfiati and A. T. Susilo, "Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPAS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Tukangan Yogyakarta," Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 09, 2024.

D. Mulyani, P. M. Dinata, K. C. Suryandari and A. S. Rosana, "Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pembelajaran," Social, Humanities, and Educational Studies, 2024.

R. N. Wafa and I. Muthi, "Pengaruh Partisipasi Orang Tua dalam Proses Pembelajaran terhadapPrestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar," Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, vol. 4, 2024.

S. I. A. Adan, "Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa," PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, p. 2, 2024.

A. I. Rosiyani, A. Salamah, A. C. Lestari, S. Anggraini and W. Ab, "Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalamKurikulum Merdeka pada Pembelajaran IpasSekolah Dasar," Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 3, pp. 1-10, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Suci Wahyu Zakiyah, S., & Joko Suprapmanto , J. . (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Siswa Kelas 4 SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 71–75. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/154