Peran Pencak Silat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar

Penulis

  • Muhammad Zein Universitas Nusa Putra
  • Fitria Nurulaeni Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Peran Pencak Silat , Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pencak Silat dalam pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Pencak Silat bukan hanya berfungsi sebagai bela diri tetapi juga berfungsi sebagai sarana pembentukan karakter yang meliputi kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama dan nilai-nilai moral yang relevan dengan kehidupan anak sehari-hari. Metode yang digunakan adalah sistematika literatur review (SLR), yaitu analisis literatur yang bersangkutan dengan peran pencak Silat dalam pendidikan karakter. Google Scholar digunakan untuk melakukan pencarian literatur dengan menggunakan kata kunci “Pencak Silat”, “Pendidikan Karakter” dan “Siswa Sekolah Dasar”. Temuan pada literatur ini menunjukkan bahwa Pencak Silat memberikan peran yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Pencak Silat juga mendorong siswa untuk mengamalkan nilai-nilai etika yang tercermin dalam perilakunya di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Darsono, S. (2018). Pencak Silat dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Masyarakat. Jakarta: Pustaka Ilmu.

Hasanah, R. (2017). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Integrasi Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Bandung: Alfabeta.

Setiawan, A. (2019). Pendidikan Jasmani dan Pembentukan Karakter Siswa. Yogyakarta: Media Pendidikan.

Barbara Kitchenham. 2014. “Procedures for Performing Systematic Reviews.” Keele University Technical Report 33(2004): 1–26.

Perry, Amanda, and Nick Hammond. 2002. “Systematic Reviews: The Experiences of a PhD Student.” Psychology Learning & Teaching 2(1): 32–35.

Bear, G. G. (2008). "Best practices in classroom discipline". Bethesda: National Association of School Psychologists.

Mischel, W., Ebbesen, E. B., & Zeiss, A. R. (1972). "Cognitive and attentional mechanisms in delay of gratification". Journal of Personality and Social Psychology, New York: American Psychological Association.

Bandura, A. (1997). "Self-efficacy: The exercise of control". New York: W.H. Freeman and Company.

Pajares, F., & Schunk, D. H. (2001). "Self-beliefs and school success: Self-efficacy, self-concept, and school achievement". In R. Riding & S. Rayner (Eds.), "Self-perception", London: Ablex Publishing.

Harter, S. (2012). "The construction of the self: Developmental and sociocultural foundations". New York: Guilford Press.

Lickona, T. (1991). "Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility". New York: Bantam Books.

Kohlberg, L. (1981). "The philosophy of moral development: Moral stages and the idea of justice". San Francisco: Harper & Row.

Piaget, J. (1932). "The moral judgment of the child". London: Kegan Paul.

Haidt, J. (2001). "The emotional dog and its rational tail: A social intuitionist approach to moral judgment". Psychological Review, New York: American Psychological Association.

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). "What works in character education: A research-driven guide for educators". Washington D.C.: Character Education Partnership.

Rizqiyani, Silfia and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2018) “Implementasi Ekstrakurikuler Pencak Silat Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Cinta Tanah Air Pada Siswa Kelas V SD NU Nawa Kartika Kudus Tahun 2017”. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mulyanto.(2023).”Implementasi Ekstrakurikuler Pencak Silat PS. Gopsu dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Percaya Diri di SDN Sidotopo Wetan IV Surabaya” Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan.

Yudhi Prasetyo.(2020).”Pendidikan Karakter Melalui Pencak Silat di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Nur Kholis.(2016).”Aplikasi Nilai-Nilai Luhur Pencak Silat Sarana Membentuk Moralitas Bangsa”. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 2(2), 76-84.

Mohamad Mufid.(2019).” Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Pencak Silat Anak Usia Dini di Tapak Suci”.Bandung.Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4(1), 23-30.

Nia Citra Lestari.(2020).” Karakteristik Siswa Anggota Ekstrakurikuler Pencak Silat Ditinjau dari Nilai Karakter di Sekolah Dasar”.Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-10.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Zein, M., & Nurulaeni , F. . (2024). Peran Pencak Silat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 76–82. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/153