Peran Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Dea Eryani Universitas Nusa Putra
  • Fitria Nurulaeni Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

ice breaking, motivasi belajar, pembelajaran siswa sekolah dasar

Abstrak

Lingkungan belajar idealnya positif sehingga sangat penting untuk mendukung keterlibatan dan motivasi

siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil penggunaan ice breaking dalam meningkatkan

motivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode peneletian yang digunakan studi literatur dengan

menggunakan teknik dokumentasi dengan mengadakan survey kepustakaan untuk mengumpulkan

data dan dianalisis secara deskriptif. Data yang diperoleh dari artikel ilimah dari jurnal nasional Hasil

dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran yang maksimal dan membangun

keterampilan social dan emosional dalam pembelajaran dibutuhkan metode yang tepat. Ice breaking

sebagai bentuk cara pemecah kebekuan yang memiliki variasi yang kreatif dan efektik sehingga dapat

meningkatkan motivasi siswa dalam belajar

Referensi

T. N. Azis, “Strategi pembelajaran era digital,” in The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 2019, pp. 308–318.

Kemendikbud, “GTK Kemendikbud | 2023,” 2023. https://gtk.kemdikbud.go.id/survey-kepuasan-masyarakat (accessed Jul. 28, 2024).

I. A. P. Deswanti, A. B. Santosa, and N. William, “Pengaruh ice breaking terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran tematik,” TANGGAP J. Ris. Dan Inov. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 20–28, 2020.

M. F. Nugraha et al., Pengantar pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar. Edu Publisher, 2020. PISA, “PISA Results 2022 (Volume III) - Factsheets: Indonesia | OECD.” https://www.oecd.org/en/publications/pisa-results-2022-volume-iii-factsheets_041a90f1-en/indonesia_a7090b49- en.html (accessed Sep. 20, 2024).

H. S. Wibowo, Ice Breaker dan Pembelajaran. Tiram Media, 2023.

D. Pilendia, “Pemanfaatan adobe flash sebagai dasar pengembangan bahan ajar fisika: Studi literatur,” J. Tunas Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2020.

B. A. Habsy, N. Mufidha, C. Shelomita, I. Rahayu, and M. I. Muckorobin, “Filsafat dasar dalam konseling psikoanalisis: Studi literatur,” Indones. J. Educ. Couns., vol. 7, no. 2, pp. 189–199, 2023.

D. Zakiyyah, M. Suswandari, and N. Khayati, “Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03,” J. Educ. Learn. Innov., vol. 2, no. 1, pp. 73–85, 2022.

F. Puspitasari and I. Marzuki, “Implementasi Penerapan Ice breaking untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III UPT SDN 52 Gresik,” Community Dev. J. J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 5405–5411, 2023.

T. Pujiarti, “Pengaruh penggunaan teknik ice breaking terhadap hasil belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,”

Ainara J. (Jurnal Penelit. Dan PKM Bid. Ilmu Pendidikan), vol. 3, no. 1, pp. 30–35, 2022.

F. D. Haryati and D. Puspitaningrum, “Implementasi ice breaking sebagai pematik motivasi belajar siswa dalam pembelajaran,” J. Al-Ilmi J. Ris. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 1, pp. 99–106, 2023.

M. M. Harianja and S. Sapri, “Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1324–1330, 2022.

S. Trisnaningtyas and D. Setiyaningsih, “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar,” SEMNASFIP, 2024.

I. C. Prayuda, P. Agung, A. Mashari, and A. Tohir, “Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD,” J. Eval. Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2022.

Z. Zuhariyah and I. Fahmi, “Pengaruh Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Ii Di Sd Negeri Pusakajaya Utara I Kabupaten Karawang,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 25–38, 2022.

R. Khairunnisa, E. Kusumarini, and A. Riyandana, “Pentingnya Penggunaan Ice Breaking Terhadap Fokus Belajar Siswa Kelas Vd Di Sdn 012 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023,” Pendas Mahakam J. Pendidik. Dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 50–54, 2023.

A. Aniuranti, M. H. N. Tsani, and Y. Wulandari, “Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru,” ABSYARA J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 85–93, 2021.

S. Sirait, “PENERAPAN ICE BREAKER GAME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA,”

Transform. J. Pendidik. Mat. dan Mat., vol. 7, no. 2, pp. 265–272, 2023

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Eryani, D., & Nurulaeni , F. . (2024). Peran Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 83–89. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/152