Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3

Implementation of Nationalism Values in Elementary School Students Grade 3

Penulis

  • Nutfah Tiara Agustin Universitas Nusa Putra
  • Dhea Adela Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Nasionalisme, Implementasi Nasionalisme, Pendidikan Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai nasionalisme serta kendala yang dihadapi siswa kelas 3 di SDN 1 Warungkiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dan kajian pustaka, penelitian ini mengidentifikasi berbagai kegiatan yang dilakukan sekolah dalam menanamkan nasionalisme, seperti shalat dhuha, upacara bendera, kegiatan sosial, dan musyawarah, Kemis nyunda, serta mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu, ditemukan bahwa peran guru sebagai teladan dan integrasi nilai nasionalisme dalam pembelajaran menjadi kunci penting dalam membentuk karakter siswa. Untuk mengurangi bias dan meningkatkan validitas data, maka digunakan triangulasi teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif model, Miles dan Hubberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penanaman nilai nasionalisme sejak dini diharapkan mampu untuk membentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter, cinta tanah air dan berkontribusi dalam mempertahankan persatuan bangsa. Kendala yang dihadapi dalam penelitian ini antara lain keterbatasan fasilitas, media pembelajaran, dan pengaruh media sosial. Solusi yang diusulkan adalah peningkatan kreativitas guru dan kolaborasi dengan orang tua dalam pengawasan penggunaa media sosial siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dalam memperkuat penanaman nilai-nilai nasionalisme di sekolah dasar.

Referensi

A. S. Sauri, “Analisis Yuridis Pencemaran Lingkungan Laut Akibat Limbah Pasar Di Pesisir Besuki Kabupaten Situbondo,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, p. 1, 2022.

N. DJ and J. Jumardi, “Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8341–8348, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3775.

N. Syahira Azima, Y. F. Furnamasari, and D. A. Dewi, “Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 7491–7496, 2021.

R. Fahmi, D. Sundawa, and H. Ramdhani, “Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,” Bhineka Tunggal Ika Kaji. Teor. dan Prakt. Pendidik. PKn, vol. 9, no. 2, pp. 218–231, 2022, doi: 10.36706/jbti.v9i2.19413.

E. Anatasya and D. A. Dewi, “Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Kewarganegaraan Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 291–304, 2021.

M. Johan et al., “DI YOGYAKARTA”.

M. N. Sari et al., “Lack of Nationalism in Children: Challenges and Efforts to Strengthen National Identity in the Contemporary Era,” QISTINA J. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 2, pp. 788–795, 2023, doi: 10.57235/qistina.v2i2.669.

Rusandi and Muhammad Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 48–60, 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.18.

U. Bahiyah and S. Gumiandari, Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Melalui Aplikasi Plotagon Pada Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon, vol. 4, no. 2. 2024.

R. K. Sari, “Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia,” J. Borneo Hum., vol. 4, no. 2, pp. 60–69, 2021, doi: 10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249.

T. Triyanto and N. Fadhilah, “Penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar,” J. Civ. Media Kaji. Kewarganegaraan, vol. 15, no. 2, pp. 161–169, 2018, doi: 10.21831/jc.v15i2.20709.

A. Rahmasari, A. S. Mutiara, and S. Hidayati, “DINI,” pp. 4–5, 2023.

I. Salminati, “Pembiasaan Upacara Bendera Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa,” J. Kewarganegaraan, vol. 1, no. 1, pp. 8–11, 2017, doi: 10.31316/jk.v1i1.877.

N. Norianda, J. A. Dewantara, and S. Sulistyarini, “Internalisasi nilai dan karakter melalui budaya sekolah,” WASKITA J. Pendidik. Nilai dan Pembang. Karakter, vol. 5, no. 1, pp. 45–57, 2017.

A. D. N. Rahmadhani, A. C. Jannah, and R. N. Fadhila, “Implementasi Nilai Pancasila Sila Ketiga Dalam Kehidupan Bermasyarakat,” Indig. Knowl., vol. 2, no. 5, pp. 388–394, 2023.

F. S. Putri, H. Fauziyyah, D. A. Dewi, and Y. F. Furnamasari, “Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 4987–4994, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1616.

Unduhan

Diterbitkan

30-12-2024

Cara Mengutip

Agustin, N. T., & Adela, D. . (2024). Implementasi Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 3: Implementation of Nationalism Values in Elementary School Students Grade 3. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4, 90–96. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/151