Dampak Penggunaan Buku Saku Digital Pada Minat Dan Motivasi Belajar Siswa SD
Kata Kunci:
Buku saku digital, Minat belajar, Motivasi belajar, Siswa SDAbstrak
Di era digital ini, pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar semakin marak. Salah satu media pembelajaran yang menarik perhatian adalah buku saku digital. Penelitian ini mengkaji dampak penggunaan buku saku digital terhadap minat dan motivasi belajar siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen pretest-posttest group design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V SD yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan buku saku digital, sedangkan kelompok kontrol menggunakan buku cetak. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat dan motivasi belajar siswa SD pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan buku saku digital berdampak positif terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar siswa SD. Temuan ini memberikan implikasi bagi para pendidik dan pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk mempertimbangkan penggunaan buku saku digital sebagai media pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa SD.
Referensi
Wulandari, I. and Nasution, M. D. and Amri, Z. (2023). “Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics pada Materi Perbandingan Siswa SMP” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, (7), (2), (1635-1646).
[2] Hutama, F. S., Zannah, F. N., Ramadhani, H. F., Kamilia, F. S., Rani, A., & Rahmawati, K. S. N. (2024). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Audio dalam Bentuk Buku Saku “Alpharead” Terhadap Kemudahan Mengajar Guru di SD Labschool Universitas Jember”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 11(1), 9-17.
[3] Lily, R. P. (2022). “PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD/MI” (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
[4] Qurrotaini, L., Susanto, A., Izzah, L., Setiyaningsih, D., & Triutami, D. W. (2022). “Pengembangan bahan ajar buku saku digital materi mitigasi bencana pada pembelajaran ips di sd”. Jurnal Holistika, 6(1), 57-64.
[5] Jannah, R., & Oktaviani, R. N. (2022). “Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap kemampuan literasi numerasi digital pada pembelajaran matematika materi penyajian data kelas V MI At-Taufiq.” Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 7(2), 123-138.
[6] FARRAH, J. N. (2021). “PENGEMBANGAN BUKU SAKU NUANSA KARTUN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI” (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
[7] Khoir, S. M. (2022). “PENGEMBANGAN “SHAPE MATH POCKET BOOK” BUKU SAKU DIGITAL MATERI BANGUN DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III SDN MLEKANG 2” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
[8] Violla, R., & Fernandes, R. (2021). “Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi.” Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13-23.
[9] Palupi, A. W., Fitriya, I., Laela, K., Pratiwi, V. E., Aeni, Y. N., Utomo, A. P. Y., & Prasandha, D. (2023) “Penerapan Model ASSURE Menggunakan Aplikasi Buku Saku Digital Melalui Website dalam Pembelajaran Teks Berita pada Peserta Didik Kelas VII SMP”. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 91-101.
[10]Atika, N. (2022) “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BUKU SAKU IPS ELEKTRONIK DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS IV SDN TUGU 2” (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung
