Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Holistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Penulis

  • Nurhasanah Nusa Putra University
  • Teofilus Ardian Hopeman Nusa Putra University

Kata Kunci:

Implementasi, Pendekatan Holistik, Meningkatkan pemahaman, Pembelajaran

Abstrak

Pencapaian mengenai tujuan pembelajaran yang baik dan efektif tentunya perlu adanya inovasi–inovasi pembelajaran yang menarik serta memberikan hasil yang dapat diterapkan pada lingkungan masyarakat. Salah satu system pembelajaran untuk meningkatkan ilmu pengetahuan secara langsung berinteraksi dengan lingkungan yaitu pembelajaran berbasis pendekatan holistik. Tujuan penelitian ini sebagai implementasi pembelajaran pendekatan holistik di sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran yang lebih menyenangkan, metode penelitian yang di gunakan yaitu Literatur review, strategi pencarian database diperoleh dari jurnal nasional dan internasional melalui google scholar. Hasil dari penelitian yang di angkat dari beberapa jurnal dapat disimpulkan bahwa Konsep dasar pendekatan holistik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemahaman informasi yang dikaitkan antara ilmu pengetahuan dengan kehidupan bermasyarakat serta mengupayakan pemeliharaan perkembangan manusia seutuhnya, yang meliputi aspek intelektual, emosional, fisik, sosial, estetik, dan spiritual.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Nurhasanah, & Teofilus Ardian Hopeman. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Holistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 125–130. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/149

Terbitan

Bagian

Artikel