Literature Review: Kegiatan Pramuka Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Kerjasama Siswa di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Pramuka, Karakter Siswa, Pengembangan, KerjasamaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran pramuka dalam membentuk karakter kerja sama siswa di tinggkat sekolah dasar. Pramuka telah diakui sebagai salah satu program ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Pada saat karakter kerja sama siswa masih belum nampak jelas, masih banyak siswa yang tidak mengutamkan Kerjasama. Dapat dilihat bahwasanya siswa belum menerapkan dan menumbuhkan karakter Kerjasama di Indonesia, bahkan siswa kurang tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi pustaka yaitu pencarian data dan informasi memanfaatkan berbagai macam materi yang bersumber dari kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Dalam pencarian data yang digunakan melalui buku, jurnal, artikel yang memiliki korelasi atau hubungan terhadap pembahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan Pramuka di tingkat Sekolah Dasar memiliki dampak positif terhadap pengembangan karakter siswa. Melalui kegiatan Pramuka, siswa terlibat dalam aktivitas yang mendorong pengembangan nilai karakter Kerjasama siswa di Sekolah Dasar.
