Literature Review: Kegiatan Pramuka Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Kerjasama Siswa di Sekolah Dasar

Penulis

  • Riski Pratama Nusa Putra University
  • Fitria Nurulaeni Nusa Putra University

Kata Kunci:

Pramuka, Karakter Siswa, Pengembangan, Kerjasama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran pramuka dalam membentuk karakter kerja sama siswa di tinggkat sekolah dasar. Pramuka telah diakui sebagai salah satu program ekstrakurikuler yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Pada saat karakter kerja sama siswa masih belum nampak jelas, masih banyak siswa yang tidak mengutamkan Kerjasama. Dapat dilihat bahwasanya siswa belum menerapkan dan menumbuhkan karakter Kerjasama di Indonesia, bahkan siswa kurang tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian studi pustaka yaitu pencarian data dan informasi memanfaatkan berbagai macam materi yang bersumber dari kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Dalam pencarian data yang digunakan melalui buku, jurnal, artikel yang memiliki korelasi atau hubungan terhadap pembahasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan Pramuka di tingkat Sekolah Dasar memiliki dampak positif terhadap pengembangan karakter siswa. Melalui kegiatan Pramuka, siswa terlibat dalam aktivitas yang mendorong pengembangan nilai karakter Kerjasama siswa di Sekolah Dasar.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Riski Pratama, & Fitria Nurulaeni. (2024). Literature Review: Kegiatan Pramuka Sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Kerjasama Siswa di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 118–124. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/148

Terbitan

Bagian

Artikel