Pemanfaatan Aplikasi Plickers dalam Penilaian Formatif Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Dessy Allawiah Nusa Putra University
  • Teofilus Ardian hopeman Nusa Putra University

Kata Kunci:

Penilaian, Formatif, Aplikasi Plickers

Abstrak

Penilaian hasil belajar perlu dilakukan pada setiap akhir pembahasan agar guru mengetahui sejauh mana siswa menyerap setiap proses pembelajaran dan agar guru mengetahui juga tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran yang sudah dibuat. Plickers adalah teknologi yang bisa digunakan untuk membantu penilaian hasil belajar formatif dengan cara pemindaian respon siswa melalui QR Code pada media kartu. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana seorang guru melek teknologi untuk dimanfaatkan dalam penilain formatif agar bisa mengefisiensikan proses penilaian tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review. Literature review merupakan salah satu metode ilmiah yang digunakan dalam sebuah penelitian yang berpusat pada sebuah topik tertentu yang memberikan gambaran tentang perkembangan topik tersebut dengan cara mereview artikel yang sudah dicari menggunakan google scholar lalu mengaitkannya dengan penelitian yang akan dibahas.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Dessy Allawiah, & Teofilus Ardian hopeman. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Plickers dalam Penilaian Formatif Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 111–117. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/147

Terbitan

Bagian

Artikel