Pemaknaan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pupuh Sunda (Kajian Semantik pada Lirik Pupuh Pucung)

Penulis

  • Mafaz Al-Akmam Nusa Putra University
  • Dhea Adela Nusa Putra University

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Nilai-nilai, Pupuh Sunda, Pupuh Pucung, Budaya

Abstrak

Keberadaan pupuh sunda sudah jarang sekali dikenalkan kepada peserta didik di lingkungan sekolah, hal ini lah yang menyebabkan semakin muda generasi semakin asing pula terhadap keberadaan budaya sunda ini. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, pupuh ini mengandung banyak nilai-nilai pendidikan karakter sehingga dapat ditanamkan kepada peserta didik. Penelitian ini mengkaji mengenai pemaknaan nilai pendidikan karakter dalam pupuh sunda, adapun pupuh yang digunakan dalam penelitian ini adalah pupuh pucung. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan kajian semantik yaitu mengkaji makna yang terkandung dalam Pupuh Pucung “Hayu Batur” dan mencari nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada pupuh tersebut. Adapun hasil penelitian ini ditemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam pupuh pucung “Hayu Batur” yaitu: 1. Bait pertama (kerja keras dan tanggung jawab); 2. Bait kedua (disiplin); 3. Bait ketiga (toleransi); 4. Bait keempat (kerja keras dan tanggung jawab); 5. Bait kelima (bersahabat/komunikatif); 6. Bait Keenam (bersahabat/komunikatif dan rasa ingin tahu). Nilai-nilai pendidikan karakter yang ada pada pupuh pucung “Hayu Batur” dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pendengar sebagai cara untuk menanamkan nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Mafaz Al-Akmam, & Dhea Adela. (2024). Pemaknaan Nilai Pendidikan Karakter dalam Pupuh Sunda (Kajian Semantik pada Lirik Pupuh Pucung). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 105–110. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/146

Terbitan

Bagian

Artikel