Studi Literatur: Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Belajar Siswa SD

Penulis

  • Nenden Nusa Putra University
  • Teofilus Ardian Hopeman Nusa Putra University

Kata Kunci:

Pola Asuh, Perkembangan Belajar, Siswa

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu Peran pola asuh dan pendidikan orangtua sangat berpengaruh terhadap perkembangan belajar anak. Serta perhatian orangtua  harus terus diberikan pada anak  khususnya dalam pembelajaran. (Kurniati et al., 2010).Perkembangan belajar anak dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah pendidikan dan peran asuh orangtua terhadap  anak. Factor- faktor yang mempengaruhi gaya pola asuh orangtua 1) Pendidikan Orangtua, 2) Lingkungan,3) Budaya.  Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami dampak pola asuh orangtua terhadap pembelajaran dan perkembangan siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, sumber data utama penelitian ini dari artikel nasional dan internasional, buku, peraturan Menteri, peraturan presiden, modul, laporan tugas akhir, dan sumber lain yang relevan.  dengan fokus untuk mendapatkan wawasan tentang pengalaman dan perspektif individu yang terlibat dalam fenomena yang diteliti. Hasil dari pembahasan Pola asuh demokratis ini orangtua memberikan tuntutan dan mengontrol anak tetapi dengan cara lembut tidak memberikan kekerasan terhadap anak sehingga pola asuh ini menjadi hal yang mempengaruhi terhadap perkembangan dan prestasi belajar anak. Orangtua mempunyai hubungan dengan pola perilaku anak di lingkungan sekitarnya, dengan demikian, anak bisa belajar  lebih baik adalah seorang pendidik anak usia dini yang sangat mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak serta kemampuannya yang  dimiliki anak itu melalui penelitian ini terdapat dampak yang signifikan terhadap kemampuan belajar anak mengajar anak dapat mempengaruhi motivasi kinerja, dan prestasi siswa dengan pola asuh yang diberikan orangtua kepada anaknya.bahwa pola asuh  otoriter memberikan efek atau dampak negatif pada anak, menyatakan bahwa dengan menerapkan pola asuh yang demokratis dapat mempengaruhi kesiapan belajar anak serta dapat meningkatkan motivasi belajar anak dan dapat meningkat secara pesat dalam perkembangan belajar anak, dengan pola asuh demokratis anak dapat terkontrol dalam pembelajaran. Kesimpulan dari jurnal ini Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa Peran pola asuh orangtua adalah salah satu faktor penting bagi perkembangan atau pertumbuhan kreatif anak, Jika peran pola asuh orangtua terhadap  perkembangan belajar anak itu berbeda, akan tetapi jika  peran pola asuh orangtua terhadap anak  disertai dengan pola  disiplin, dan harus mematuhi  setiap aturan dan memaksa kehendak tanpa memberikan anak kesempatan untuk memberikan inisiatif. Mayoritas orangtua menggunakan pola asuh demokratis yang mana pola asuh ini yang efektif dapat meningkatkan perkembangan dan motivasi belajar.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Nenden, & Teofilus Ardian Hopeman. (2024). Studi Literatur: Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Belajar Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 90–97. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/144

Terbitan

Bagian

Artikel