Analisis Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa di Kelas 2 Sekolah Dasar

Penulis

  • Barkah Universitas Nusa Putra
  • Shelvi Nurhalisah Nusa Putra University
  • Fitria Nurulaeni Nusa Putra University

Kata Kunci:

Struktural analitik sintetik (SAS), Baca Tulis, Bahasa Indonesia

Abstrak

Kemahiran membaca merupakan suatu keharusan bagi semua anak, mulai dari sekolah dasar. Hal ini disebabkan masih rendahnya kemampuan anak dalam menulis dan membaca kata, frasa, dan huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas 2 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Ciawitali dengan menerapkan teknik SAS (Synthetic Structural Analytical). Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Ciawitali, dengan sampel sebanyak 31 orang dan guru kelas 2 sebagai informan. Teknik pengumpulan data dari informan antara lain dokumentasi, wawancara, dan observasi. Setelah itu data yang terkumpul dijelaskan dan ditarik kesimpulan. Temuan penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa 27 siswa dari 31 siswa yang sudah bisa menulis huruf, kata dan kalimat dengan benar, jelas dan rapi.

Unduhan

Diterbitkan

24-07-2024

Cara Mengutip

Barkah, Shelvi Nurhalisah, & Fitria Nurulaeni. (2024). Analisis Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa di Kelas 2 Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 67–70. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/140

Terbitan

Bagian

Artikel