Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Toontastic 3D terhadap Hasil Belajar IPA di Kelas IV SD
Kata Kunci:
Media toontastic 3D, Hasil belajar, IPAAbstrak
Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih sekarang sudah masuk ke abad 21, di mana teknologi sudah semakin canggih. Seorang guru perlu menggunakan media pembelajaran yang mengombinasikan teknologi, yaitu media digital. Salah satu media digital tersebut adalah Toontastic 3D, Toontastic 3D merupakan aplikasi pembuat video animasi 3D yang dapat menstimulus kreativitas guru dan peserta didik. Keberadaan video animasi mampu membuat penyajian materi yang dijelaskan oleh guru jadi lebih dinamis dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Toontastic 3D terhadap hasil belajar IPA di kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental dan menggunakan desain pretest-postest controll group design. Sampel yang digunakan sebanyak 80 siswa di dalamnya melibatkan dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB, kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakukan dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Teknik pengumpulkan data yang digunakan adalah observasi, test, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan video animasi 3D dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan penerapan penggunaan video animasi 3D dapat menjadi solusi bagi pendidik untuk lebih kreatif dalam mengajar agar pembelajaran tidak terkesan membosankan.
