Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Muthia Meisya Lavil Nusa Putra University
  • Dhea Adela Nusa Putra University

Kata Kunci:

Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian  literatur review terkait dengan kesulitan dalam membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang  digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional dan  1 skripsi pada rentang tahun 2017 sampai tahun 2022 yang sesuai dengan topik peneliti kaji yaitu tentang kesulitan membaca permulaan siswa sekolah dasar serta faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan diperoleh dari google scholar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan  menganalisis semua artikel yang mempunyai topik penelitian yang sama dalam penelitian ini. Dari penelitian ini didapat kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar membaca yaitu (1) siswa kesulitan mengeja huruf  (2) siswa kesulitan memahami arti bacaan (3) siswa kesulitan melafalkan istilah/kalimat (4) siswa kesulitan mengenali huruf  (a-z) serta membedakan huruf (f-v) (p-q) (n-u) (5) siswa belum mampu membaca kalimat sebagai paragraph. Lalu didapat 2 faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan siswa (1) Faktor internal yaitu: psikologis serta minat siswa (2) Faktor eksternal yaitu: Lingkungan sekolah serta orang tua.

Unduhan

Diterbitkan

24-09-2024

Cara Mengutip

Muthia Meisya Lavil, & Dhea Adela. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3, 21–29. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/133

Terbitan

Bagian

Artikel