Studi Awal Keterkaitan Antara Variasi Mengajar Dan Konduktifitas Lingkungan Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Destira rahma diana Universitas Nusa Putra
  • joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

variasi mengajar, Konduktifitas lingkungan, Motivasi belajar

Abstrak

Proses pembelajaran merupakan kegiatan belajar mengajar yang di dalamnya terdapat interaksi antara
guru dengan siswa. oleh karena itu peran guru sangat penting dalam mempersiapkan perencanaan
pembelajaran dengan matang melalui variasi mengajar serta menciptakan lingkungan pembelajaran
yang kondusif yang dapat membuat siswa merasa nyaman dan tenang sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah ada atau tidaknya hubungan
antara variasi mengajar dan kondusifitas lingkungan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa
sekolah dasar di Gugus 5 Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan
teknik pengumpulan data dengan triangulasi wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari
penelitian ini yang pertama variasi mengajar merupakan kegiatan seorang guru dalam proses belajar
mengajar yang di dalamnya terdapat interaksi yang ditujukan untuk mengurangi kebosanan dan dapat
menarik perhatian siswa, dengan adanya komponen yang telah disajikan sehingga mempermudah guru
agar langsung mengembangkan sesuai kreatifitas dan gaya mengajar masing – masing pribadi. Kedua,
kondusifitas lingkungan pembelajaran dimana suatu keadaan yang tenang dan nyaman baik secara
psikis maupun fisik dalam proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
ketiga, motivasi belajar yang merupakan kekuatan atau dorongan yang dapat dikeluarkan dari dalam
diri maupun ari luar sehingga menyebabkan seseorang tergerak untuk bertindak atau berbuat. Dari
ketiga variabel tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara variasi mengajar dan
kondusifitas lingkungan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. sehingga hal tersebut dapat lebih
diperhatikan karena berdampak besar untuk di masa yang akan datang terutama masa depan anak
tersebut.

Diterbitkan

30-05-2023

Cara Mengutip

rahma diana, D., & Suprapmanto, joko. (2023). Studi Awal Keterkaitan Antara Variasi Mengajar Dan Konduktifitas Lingkungan Pembelajaran Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1). Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/118