Penggunaan Model Bermain Peran pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat
Kata Kunci:
Kemampuan siswa, Operasi hitung bilangan bulat, Bermain peranAbstrak
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Pasirwalang dalam mata pelajaran Matematika khususnya materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika tentang operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran. Teknik penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Pasirwalang yang berjumlah 41 orang, terdiri dari 21 laki-laki dan 19 perempuan. KKM Mata Pelajaran Matematika adalah 65. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasirwalang Desa Walangsari Kecamatan Kalapanunggal, Sukabumi, Jawa Barat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus hanya 14 siswa (34,15%) yang memperoleh nilai di atas KKM. Pada siklus I ada 22 siswa (53,66%) yang memperoleh nilai di atas KKM. Sedangkan pada siklus II ada 33 siswa (80,49%) yang mencapai KKM. Adapun solusi yang diterapkan adalah penggunaan model bermain peran untuk meningkatkan kemampuan siswa khususnya dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat.