Pentingnya Media Pembelajaran di Masa Pandemi

The importance of learning media during the pandemic

Penulis

  • Nadia Aulia Mulya -

Abstrak

Pandemi covid 19 berdampak besar pada pendidikan. Pendidik harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan,meskipun peserta didik berada dirumah.solusinya,pendidik dituntut mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat personal handphone atau laptop yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Dunia pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, dimana kegiatan pembelajaran telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan pengajaran dengan metode langsung dan diganti dengan digunakannya media pembelajaran. Lebih-lebih pada kegiatan pembelajaran yang menekankan pada kompetensi-kompetensi yang terkait dengan keterampilan proses, maka dibutuhkan peranan media pembelajaran. Media sebagai bagian integral pembelajaran, komponen ini perlu mendapatkan perhatian para guru. Pentingnya media dalam memfasilitasi peserta didik (pebelajar), penyajiannya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti whatsapp (WA), Telegram,instagram,aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, pendidik dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan, meskipun ditempat yang berbeda.

Referensi

Kemdikbud, P. (2020). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud- pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran- covid19.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181/1 44.

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. (2014). Problems and Decision in the Field of Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 131(904), 111–117. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.088.

Iskenderoglu, M., Iskenderoglu, T. A., & Palanci, M. (2012). Opinion of Teaching Staff in Distance Education Systems, Regarding the Assessment and Evaluation Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4661–4665. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.314.

D. I., Studi, P., Mts, D. I., Muddatsiriyah, A. L., Mts, D. A. N., & Pusat, J. (2018). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP ( WA ). 14(1), 59–67

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan: Referensi (GP Press Group).

Hamzah, A. (2015). Pola Penggunaan Situs Jejaring Sosial sebagai Media Pembelajaran untuk Mahasiswa. Teknoin, 21(4), 167–177. https://doi.org/10.20885/teknoin.vol21.iss4.art3.

Darma, I Made, 1983. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan, Diktat Materi Pelajaran Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan, untuk Siswa SPG negeri Denpasar Djamarah. 1991. Pengukuran dan Penelitian Hasil Belajar. Skripsi. IKIP Bandung Driscoll A. (2000).

Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 17 (2), 188-198, 2020.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal, 2(1), 50–59.

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Mulya, N. A. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran di Masa Pandemi: The importance of learning media during the pandemic. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/95

Terbitan

Bagian

Artikel