Peran Keluarga dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak di Masa Pandemi

Penulis

  • Nurunisa Azzahra Universitas Nusa Putra
  • Nyimas Ananda Lady Fisabila Universitas Nusa Putra
  • Sandri Mildi Universitas Nusa Putra
  • Budi Kurnia Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Belajar, Pendidikan, Orang tua, Pandemi, Covid-19, Keluarga

Abstrak

Pandemi covid-19 membuat berbagai perubahan pada setiap aspek kehidupan, salah satunya dunia pendidikan. Karena pandemi ini, hasil belajar anak belum bisa dikatakan berhasil karena masih banyak anak yang mengalami kesulitan dalam belajar terutama saat pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kesulitan bagi anak dalam belajar daring di rumah. Penelitian ini juga menjadi alasan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan anak yang muncul selama proses pembelajaran daring di rumah. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan menganalisis data survei yang kami berikan kepada orang tua untuk kemudian kami kaji lebih dalam tentang permasalahan ini. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua dari peserta didik yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai kendala yang dialami oleh orang tua dalam pembelajaran daring diantaranya orang tua yang kurang bisa membimbing dan memahami materi secara keseluruhan sehingga tidak bisa maksimal dalam mengajari anak. Peran yang harus dilakukan orang tua adalah sebagai pengganti guru di rumah selama masa pandemi, orang tua juga berperan sebagai motivator dan sebagai fasilitator bagi anak. Peran orang tua tersebut telah dilaksanakan oleh 20 orang tua yang menjadi narasumber penelitian, peran yang dilaksanakan oleh orang tua tersebut dapat mengatasi kesulitan yang dialami anak saat belajar.

Referensi

Alirmansyah, E. K. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring di era pandemi (studi kasus pada siswa kelas III sekolah dasar). Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol8 No. 1.

Ainurrahman. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman Vol 3 No 2.

F., A. E. (2020). Strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik anak dalam pembelajran at home masa pandemi covid-19. 37-46.

Izaak H. Wenno, K. E. (n.d.). Analisis kesulitan belajar dan pencapaian hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Joko Suprapmanto, r. P. (2021). Upaya guru dalam menerapkan pembelajaran online di masa pademi covid-19. SENAPADMA Vol 1.

Juana, D. (2021). Analisis kesulitan belajar dimasa pandemi covid-19 kelas v sd negeri 156/ bulian baru. Jurnal Lipnas Vol 3 No. 1.

M, U. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak . Jurnal Edukasi Vol 2 No. 2.

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada anak sekolah dasar di masa pandemi covid 19. Jurnal Basicedu Vol 5 No. 4.

Moloeng, L. J. (2009). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morgan, C. T. (1986). Introduction to psycology. Jakarta: Pradya Paramitha.

Sri Wahyuningsih Dra, M. (2021). Pembelajaran tatap muka terbatas sebagai solusi di masa pandemi covid 19. Kota Jakarta Pusat: Kemdikbud.go.id.

Sugiono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi kesulitan belajar siswa dengan pendekatan kognitif. Jurnal BELAINDIKA Vol 2 No. 1.

Unduhan

Diterbitkan

26-01-2022

Cara Mengutip

Azzahra, N., Ananda, N., Mildi, S., & Kurnia, B. (2022). Peran Keluarga dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Anak di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 104–110. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/82

Terbitan

Bagian

Artikel