A Analisis

Motivasi Belajar Fisika Siswa SMAN 10 Kota Jambi Selama Pembelajaran Daring

Penulis

  • Lodiana Siahaan Universitas Jambi

Kata Kunci:

Pendidikan, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar

Abstrak

Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode kuantitatif. tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk menganalisis tingkat motivasi belajar fisika siswa selama proses pembelajaran daring. Sampel dari penelitian ini adalah 72 orang siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data adalah deskripsi kuantitatif, sedangkan wawancara dianalisis secara kuantitatif. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa ada yang rendah, sedang, juga tinggi dan persentase setiap indikator adalah 1) adanya hasrat ingin berhasil dalam belajar Fisika sebesar 76%, 2) adanya dorongan dan kebutuhan belajar didapatkan sebesar 82,07%, 3) adanya harapan dan cita-cita di masa yang akan datang persentase didapatkan sebesar 77,97%, 4) adanya penghargaan dalam belajar persentase sebesar 81,61%, 5) adanya kegiatan menarik hanya didapatkan persentase sebesar 65,09% dengan penafsiran sebagian besar. Dan pada indikator keenam persentase sebesar 71,76%. Kesimpulan, tingkat motivasi belajar fisika siswa selama daring dikategorikan sedang.

Referensi

Cahyani, Adhetya, “Motivasi Belajar Siswa Sma Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, Pp123-140.

Primayana, Kadek Hengki, “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Dharma, pp. 321-328.

Fitri, Siti Fadia, “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 5. pp. 1617-1620

Susilo, Adityo, “Coronavirus Dease 2019: Tinjauan Literatur Terkini”, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 7, pp. 45-67

Herdiana, D Dan Supriatna Nurul, “Implikasi Tatananan Normal Baru Terhadap Kehidupan Sosial Kemasyarakatan”, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol. 4, pp. 300-328.

Dewi, Tya Ayu P, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Basicedu, Vol. 5, Pp. 1909-1917.

Handarini, O.I, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (Sfh) Selama Pandemi Covid 19”, Vol. 8, Pp. 496-503.

Sadikin, A Dan Afreni Hamidah, “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6, pp. 214-224.

Anugrahana, A, “Hambatan, Solusi, Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemu Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 10, pp. 282-289.

Lindawati, Y.I Dan Catur A.R, “Adaptasi Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Daring Di Era Pandemu Covid-19”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, vol. 3, pp. 60-67.

Rafliyadi Dan Pratiwi, I.S, “Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Purnama 2 Kota Jambi”, Sciencetific Journals Of Economic Education, vol. 3, pp. 44-52.

Uno, B. Hamzah, (2017), Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Novariana, M, “Interaktif Edukatif Guru Kunjung Sebagai Strategi Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19”, Indonesian Journal of Educational Development, vol. 1, pp. 702-715.

Setiawan, A, “Mengembangkan Motivasi Belajar pada Anak Tunalaras”, JSSI_Anakku, vol. 8, pp. 54-60.

Kiswoyowati, Amin, “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidupp Siswa”, Edisi Khusus No.1, pp. 120-126.

Mulyadi, Mohammad, “Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya”, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, vol. 15, pp.. 127-138.

Sari,N, Widha dan Sarwanto, “Analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas”, jurnal pendidikan dan kebudayaan, vol. 3, pp. 17-32.

Uno, B. Hamzah, (2017), Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

26-01-2022

Cara Mengutip

Siahaan, L. (2022). A Analisis: Motivasi Belajar Fisika Siswa SMAN 10 Kota Jambi Selama Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 71–78. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/77

Terbitan

Bagian

Artikel