ANALISIS HAMBATAN IMPLEMENTASI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Implementasi Kurikulum 2013, sekolah dasar, covid-19.

Penulis

  • Dalfah Mauliddah Azzahra Universitas Nusa Putra
  • Elsa Herliana Universitas Nusa Putra
  • Nita Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Implementasi Kurikulum 2013, sekolah dasar, covid-19

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara luas tentang hambatan pendidik dan peserta didik di sekolah dasar serta peran orangtua dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dimasa pandemi covid-19. Yang bertujuan untuk menganalisis hambatan yang dialami seorang pendidik dan peserta didik disekolah dasar dalam implementasi berbasis Kurikulum 2013 di masa pandemi covid-19. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa terdapat hambatan yang dialami pendidik dan peserta didik disekolah dasar dalam mengimplementasi kurikulum 2013 dimasa pandemi, dimana saat Kurikulum 2013 ini sudah berjalan hingga tahun 2013-2021 namun menjadi sebuah problem semenjak adanya COVID-19  yang melanda seluruh dunia tanpa terkecuali di Indonesia. Analisis ini adalah untuk mendeskripsikan tentang mengimplementasikan berbasis Kurikulum 2013 dan hasil pembelajaran Kurikulum 2013 yang meliputi tiga kompetensi yaitu pengetahuan, nilai sikap, dan nilai keterampilan di masa pandemi COVID-19. Kompetensi inilah yang menjadi hambatan dalam proses pembelajaran online, tidak mudah dilakukan jika tidak secara tatap muka. Hambatan lainnya juga ialah kurangnya infrastruktur pendukung pembelajaran online itu sendiri. Maka ketidak tercapaiannya menjalankan kurikulum 2013 dalam pembelajaran secara online. hambatan yang dihadapi adalah 1) kesulitan pemahaman pada peserta didik dalam proses pembelajaran, 2) orang tua peserta didik yang tidak dapat menyediakan fasilitas belajar, Dan hambatan dari pendidik meliputi pembuatan media pembelajaran, pemahaman guru, pemaduan antarmuatan pelajaran dalam pembelajaran tematik, dan penguasan teknologi informasi. Hambatan dari orang tua dan siswa meliputi rapor dan adaptasi terhadap pembelajaran tematik.

Referensi

Astuti, E. T. (2017). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK

KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI PLOSO I PACITAN. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 24.

E. Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara

Jumaeda, St. (2018). IMPLEMENTASI STANDAR PENILAIAN DALAM

PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM 2013. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 65. https://doi.org/10.33477/alt.v3i1.418

Hamalik, O. 2009. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sutikno. 2009. Implementasi Kurikulum 2006 di Sekolah Dasar (Studi Multisitus di SDN

Bintoro 4 dan SDN Guntur 1 Kabupaten Demak. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM

Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 12-03-2022

Versi

Cara Mengutip

Mauliddah Azzahra, D., Herliana , E., & Nita. (2022). ANALISIS HAMBATAN IMPLEMENTASI BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19: Implementasi Kurikulum 2013, sekolah dasar, covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 1–9. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/70 (Original work published 30 Januari 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel