Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa

Penulis

  • Gias Nuraliah Universitas Nusa Putra
  • Risa Universitas Nusa Putra
  • Andini Universitas Nusa Putra

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana urgensi media pembelajaran terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode. Kemudian dalam penelitian ini dicontohkan berbagai jenis media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam memberikan materi pembelajaran pada siswa serta bagaimana peran seorang guru untuk membuat ruang belajar yang lebih efektif, menyenangkan dan dapat menarik perhatian siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode literatur review (studi pustaka). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik mengumpulkan sumber data dari artikel ilmiah dan berupa hasil pemikiran peneliti. Peneliti mengambil sumber data dari beberapa artikel ilmiah sehingga dapat memperoleh kesimpulan yang signifikan.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 urgensi media pembelajaran yaitu bagi siswa dan bagi guru. 1) Bagi siswa : a) Pembelajaran lebih efektif, b) Meningkatkan daya tarik dan minat siswa, c) Proses pembelajaran akan menjadi lebih baik, d) Mengembangkan kreativitas, e) Meningkatkan motivasi. 2) Bagi guru : a) Sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, b) Memudahkan guru dalam mengefektifkan waktu, c) Menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sangat penting digunakan dalam proses pembelajaran guna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Referensi

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal , 44.

Agah Nugraha, d. (2014). Penggunaan Alat Peraga Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Memahami Konsep Bentuk Aljabar pada Siswa Kelas VII di SMPN 2 Pasir Wangi. Jurnal Pendidikan Matematika, 134.

Ekayani, N. L. (n.d.). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.

Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan Media Display Pada Proses Pembelajaran.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan.

Muhammad, A. A. (2013). Metodologi Penelitian. repository.upi.edu.

Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Pengetahuan Sosial).

Nurhadi. (2020). Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat.

Samad Umarella, d. (n.d.). Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran.

Sari, E. P. (2016). Penggunaan media pembelajaran berbasis visual untuk meningkatkan perhatian siswa pada mata pelajaran IPS siswa Sekolah Dasar . Jurnal Gentala Pendidikan , 217.

Suda, I. K. (n.d.). Pentingnya Media dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa di Sekolah Dasar. Academia.

File Tambahan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 26-04-2022

Versi

Cara Mengutip

Nuraliah, G., Rahmawati Apriliani, R. ., & Hukma Salmin, A. . (2022). Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 65–67. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/66 (Original work published 30 Januari 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel