Peran Pendidikan Keluarga dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Anak

Penulis

  • Dea Eryani Universitas Nusa Putra
  • Irna Latifah Universitas Nusa Putra
  • Natasha Khairunisa Universitas Nusa Putra
  • Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

PERAN PENDIDIKAN KELUARGA, PROBLEMATIKA, PENDIDIKAN DASAR ANAK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan solusi mengenai problematika pendidikan dasar pada anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi leterasi dan teknik analisis deskriptif melalui pendekatan  wawancara dan literasi artikel jurnal yang relevan. Hasil dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas generasi muda masa depan agar memililiki karakter yang baik dan berakhlak mulia dan menjadi generasi harapan bangsa dan negara.

Dalam studi literasi ini penelitian mendapat pengalaman yang sangat berharga yaitu lebih mengetahuil peran keluarga dalam mengatasi problematika pendidikan anak. Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak dalam masa tumbuh kembang menuju arah kedewasaan, disini peran orang tua sangat menentukan, agar anak menjadi generasi yang baik di masa depan yang menjadi benteng keluarga melalui pewarisan nilai nilai yang diperoleh secara berkesinambungan dari generasi ke generasi yang berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan adalah investasi masa depan untuk mewujudkan keluarga yang lebih peka terhadap kondisi anak, dan kebutuhannya salah satunya, menjalin komunikasi yang baik berlandaskan rasa kasih dan sayang.

Referensi

Hasbi Wahy 2012. Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Pertama Dan Utama Jurnal Ilmiah Didaktika

Danial dan Wasriah. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung:Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Jito Subianto 2013. Peran Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Frista Zeuny 2019. Peran Keluarga Dalam Nilai Pendidikan Karakter https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id/artikel/peran-keluarga-dalam-pendidikan-nilai-dan-karakter/ Jurnal Kemdikbud

Sigit Dwi Laksana. Integrasi Empat Pilar Pendidikan(UNESCO) Dan Tiga Pilar Pendidikan Islam

Utomo 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di SDN 4 CICURUG Kabupaten Sukabumi

Suhartono, Suparlan. 2013. Menegakkan Pohon Pendidikan. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Resta indriani utami dkk 2018. Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar Pada Anak Usia 4 Tahun Di Kampung Cihanjawar Purwakerto Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Agneta Sheyla Bayan Duaty 2019. Pengembangan Aspek Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Pembiasaan Berbagi Di TK Aisyiyah IV Purwokerto

RAHMA, A. (2022). DAMPAK PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METACOGNITIVESCAFFOLDING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD NEGERI LEMBURSAWAH 1 (Doctoral dissertation, Nusa Putra).

Mintawati, H., Nuraisyah, H., Fitriyani, A., Danurreksa, M., & Pradesa, K. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WARUNG NASI ALAM SUNDA. Jurnal Ilmiah IPS dan Humaniora (JIIH), 1(1), 23-27.

Pradesa, K., & Kurnia, B. (2023). Cara Belajar di Masa Pandemi dengan Model Daring Senior Sara Kalo. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 28-34.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Eryani, D., Latifah, I., Khairunisa, N., & Suprapmanto, J. (2022). Peran Pendidikan Keluarga dalam Mengatasi Problematika Pendidikan Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 8–15. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/53

Terbitan

Bagian

Artikel