Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Untuk Literasi Digital

Penulis

  • Nuraeni Universitas Nusa Putra
  • Risma Universitas Nusa Putra
  • Syahna Universitas Nusa Putra
  • Dhea Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Pembelajaran Daring, Literasi Digital, Siswa Sekolah Dasar, Guru

Abstrak

Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Untuk Literasi Digital dalam meningkatkan minat baca siswa di masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode penelitian yang digunakan adalah literature review yaitu dengan mengumpulkan data serta dari beberapa sumber yang berhubungan dengan topik penelitian dalam beberapa jurnal nasional serta artikel yang terkait dalam pembahasan. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan berbagai sumber data dari artikel ilmiah yang sesuai dengan penelitian yang relevan, dari artikel tersebut dibuatlah analisis dan dapat ditarik sebuah kesimpulan. Teknik mengumpulkan data yang kami gunakan yaitu dengan mengambil dari jurnal yang sesuai dengan penelitian kami. Literasi digital akan efektif dilakukan disaat pandemi covid 19 ini bila adanya kerjasama antara orang tua dan siswa agar aktivitas membaca dapat lebih terarah dan benar. Dengan demikian guru juga harus memiliki keahlian serta harus mengasah kemampuan nya apalagi dalam bidang teknologi yang semakin canggih dan berkembangan sangat pesat sehingga kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut dalam hal positif contohnya sebagai alat dalam proses pembelajaran, dalam penggunaan media tekhnologi guru dapat mengatur strategi untuk membuat media literasi digital yang menarik. Rekomendasinya diadakan pelatihan literasi digital bagi siswa, orang tua dan guru agar dapat mempermudah dan memaksimalkan pembelajaran daring seperti saat ini.

Referensi

Asari. 2019. Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi. 3(2).103.

Aslan. 2020. Analysis of digital literacy self-efficacy levels of pre-service teachers. Süleyman Demirel University, Turkey. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), 57-67. doi:https://doi.org/10.46328/ijte.47

Badrudin, Ginanjar dan Wartono (2020). The Effectiveness Of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic at Private School in Bogor. STAI Al-Hidayah Bogor. Jurnal Pendidikan Islam. Volume 9, No. 2. Hal 211. doi:10.30868/ei.v9i02.909

Gaung. 2020. Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review. Universitas Airlangga. Jurnal Dinamika Pendidikan.15 (1). 66-76 doi:10.15294/dp.v15i1.23779AGYTG

Kemdikbud. 2021. Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital. (Online) Diakses pada tanggal 15 September 2021.

Leski Rizkinaswara. 2020. Urgensi Literasi Digital Bagi Masa Depan Ruang Digital Indonesia. https://aptika.kominfo.go.id/2020/06/urgensi-literasi-digital-bagi-masa-depan-ruang-digital-indonesia/. (Online) Diakses pada tanggal 17 September 2021.

Prasanti. 2018. Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Universitas Padjajdaran. Jurnal Lontar. 6(1). 13.

Restianty. 2018. Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. London School of Public Relations Jakarta. Jurnal Kehumasan. 1(1). 72.

Rimba, dkk. 2020. Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Universitas Halu Oleo. Jurnal Prima Edukasia.8 (1) hal 86-95. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165

Sagitaa et al. 2019. Students’ Digital Literacy Skill to Solve Learning Problems. Universitas Muhammadiyah.international Journal of Innovation, Creativity and Change. Volume 5, Issue 6. Hal 117

Sahidillah. 2019. Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Universitas Sebelas Maret. Jurnal Varia Pendidikan. 31(1).52.

Senny et al. 2021. Application Of E-learning System in the World Of Education Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. Volume 14, No. 1. Hal 51. doi:https://doi.org/10.24036/tip.v14i1

Silvana Hana. 2018. Pendidikan Literasi Digital Dikalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan. 146.

Sumiati. 2020. Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. IPDN Jatinangor Kabupaten Sumedang. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. 3(2).66.

Suriadi. 2021. Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(1). 165-166. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3il.251.

Wulandari Dewi. 2021. Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 09(02).327.

Yunitasari. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa Covid-19. UIN Sunan Ampel. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(3). 241. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3. 142

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Nuraeni, Rahmawati, R., Apriani Syihabudin, S., & Adela, D. . (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Untuk Literasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 51–55. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/47

Terbitan

Bagian

Artikel