Efektivitas Pembelajaran Daring di SDIT Adda'wah

Penulis

  • Karina Yulianti Universitas Nusa Putra
  • Utomo Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Efektivitas, Pembelajaran Daring

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode daring, menganalisis kendala yang terjadi dalam mencapai efektifitas pada pembelajaran daring serta mengenalis cara mengatasinya. Penelitian ini dilakukan pada tingkat sekolah dasar yaitu di SDIT Adda’wah dengan sampel yang digunakan adalah para guru di SDIT Adda’wah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis fenomenologi, data yang digunakan bersumber dari data primer berupa wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring yang dilaksanakan di SDIT Adda’wah belum bisa maksimal karena beberapa kendala mulai dari pengenalan karakter siswa, pencapaian tujuan pembelajaran baik pengetahuan umum juga materi alquran, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar/prestasi siswa dan proses evaluasi.

Referensi

Ahmad Nizar Rangkuti. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media

Bachtiar. (2010). Membandingkan Validasi Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5(1).

Dina, Maulidina, Muslimin,I., Muhammad,T., Akhwani. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Grup WhatsApp pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5(5) Hal 3334-3341.

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan. 7(2).

Febriani,Rina. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadisi, L., & Muna, W.(2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib. 8(1), 17–40.

Hanun Ashora. (2010). Perencanaan Pembelajaran. Surabaya: Kopertais IV-Pemprov Jatim.

Lexy J. Moleong. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja rosdakarya.

Malyana, Andasia. (2020). Pelaksanaan Pembelajran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 2 (1): 70-71.

Novita,L., &Agustina,A.(2018).Bimbingan Orang Tua Dengan Disiplin Belajar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan.Vol 2(1): 01-14.

Nurhasanah,S , Sobandi,A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen dan Perkantoran. Vol 1(1): 128-135.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI No. 109 Tahun 2013

Roman Andrianto,P, Paulus,A, Eko,N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains. ISBN 978-602-52720-1-1.

Sama’, Syaiful,B, Fajar,B. (2020). Sinergitas Guru dan Orang tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid di Kecamatan Kalingaten. Pendidikan di Masa Pandemi: Menelaah dari Daerah. ISBN 978-623-6613-01-6.

Sobron, Adi, D.(2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Vol 1(3), 265–276

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto,A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Jakarta Kencana.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional

Unduhan

Diterbitkan

26-01-2022

Cara Mengutip

Yulianti, K., & Utomo. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring di SDIT Adda’wah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 79–86. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/41

Terbitan

Bagian

Artikel