Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Merangin

Penulis

  • Sri Muslimatul Husna Universitas Jambi
  • Dwi Agus Kurniawan Universitas Jambi
  • Maison Universitas Jambi

Kata Kunci:

Analisis, Penelitian Deskriptif, Minat Belajar, Pembelajaran Fisika

Abstrak

Minat adalah perasaan suka terhadap sesuatu, sehingga mendatangkan kepuasan dan kesenangan. Minat memiliki pengaruh yang besar dalam belajar. Apabila suatu pelajaran tidak diminati, maka siswa tidak akan tertarik untuk belajar. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi minat belajar siswa kelas X IPA MAN 1 Merangin terhadap mata pelajaran Fisika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu terdiri dari 61 siswa kelas X IPA yang diambil dengan teknik total sampling.  Instrument penelitian ini berupa angket minat belajar fisika menggunakan skala likert, dan untuk memperkuat hasil penelitian dilaksanakan juga wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa untuk kategori minat belajar fisika yang sangat rendah sebesar 0%, kategori rendah sebesar 55,7%, kategori sedang sebesar 36,1%, kategori tinggi sebesar 6,56% dan kategori sangat tinggi sebesar 1,64%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X IPA MAN 1 Merangin memiliki kategori minat yang rendah pada mata pelajaran Fisika, yaitu sebanyak 55,7%.

 

Referensi

Syahrial, Arial, D. A Kurniawan, dan S. O Piyana, “E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Motivasi,” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 21, no. 1, hlm. 165–177,

April 2019.

A. R Aththibby, dan M. B Salim, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Flash Topik Bahasan Usaha dan Energi,” Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 2, hlm. 25-33, september 2015.

Hamdi, dan C. K Rahim, “Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika dI SMA Negeri 1 Sakti,” Jurnal Sains Riset (JSR), vol. 9, no. 3, hlm. 68-79, September 2019.

A. Matondang, “Pengaruh Antara Minat dan Motivasi dengan Prestasi Belajar,” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol.2, no. 2, hlm. 24-32, Maret 2018.

L. Charli, T. Ariani, L. Asmara, “Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika,” SPEJ (Science and Phsics Education Journal), vol. 2, no. 2, hlm. 52-60, Juni 2019.

U. Fatonah, dkk, “Analisis Minat Belajar Kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Penuh pada Pembelajaran Fisika,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), vol. 16, no. 02, hlm. 145-152, Agustus 2020.

Hamdi, dan C. K Rahim, “Analisis Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika dI SMA Negeri 1 Sakti,” Jurnal Sains Riset (JSR), vol. 9, no. 3, hlm. 68-79, September 2019.

A. M. Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.

Tim Dosen Jaffray, Metode Penelitian Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2016.

A. Cahyani, I. D. Listiana, dan S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 01, hlm. 123-140, 2020.

S.P. Astuti, “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika,” Jurnal Formatif, vol. 5, no. 1, hlm. 68-75, 2015.

M. H. A. Berutu, dan M. I. H. Tambunan, “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat,” Jurnal Biolokus, vol. 1, no. 2, hlm. 109-115, Juli – Desember 2018.

H. Pathoni, dan N. Susanti, “Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Menggunakan Model Guided Inquiry di MTS Laboratorium Kota Jambi,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 2, no. 4, hlm. 142-146, Oktober

N. Kurnia, M. Hendri, dan H. Pathoni, “Hubungan Persepsi dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi,” Jurnal EduFisika, vol. 01, no. 02, hlm. 55-63, November 2016.

A. Noviansah, “Objek Assesment, Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan,” Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, vol.1, no. 2, hlm. 136-149, April-Juni 2020.

Mafudiansyah, S. S Sari, dan M. Arsyad, “Analisis Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 3 Makassar,” Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), Jilid 16, no. 1, hlm. 8 – 19, April 2020.

Ubabuddin, “Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Jurnal Edukatif, vol. 5, no. 1, hlm. 18-27, Januari – Juni 2019.

D. A. Kurniawan, A. Astalini, N. Kurniawan, dan L. Anggraini, “Sikap Siswa Terhadap IPA berdasarkan Investigasi dan Korelasi: Kesenangan Belajar dan Minat Meluangkan Waktu pada IPA,” Science Education Journal (SEJ), vol. 3, no. 1, hlm. 1-13, may 2019.

D. Sambada, “Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Kontekstual,” Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol. 2, no. 2, hlm. 37-47, Desember 2012.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 15-08-2022

Cara Mengutip

Muslimatul Husna, S., Agus Kurniawan , D., & Maison. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di MAN 1 Merangin. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 1–7. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/36

Terbitan

Bagian

Artikel