Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas VI SDN 09 Cibadak

Penulis

  • Nurul Yulia Fatma Universitas Nusa Putra Sukabumi
  • Dhea Adela Universitas Nusa Putra
  • Mohamad Najib Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Literasi, Pancasila, Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan persatuan kebangsaan, melalui integrasi nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus menggalakkan pentingnya literasi dan pentingnya Pancasila. Semangat belajar siswa jika diiringi dengan literasi digital, model pembelajaran yang monoton tentunya membuat siswa tidak semangat dalam belajarnya. Guru harus lebih menekankan pada siswa pentingnya rasa nasionalisme yang tinggi. Karena masih rendahnya kesadaran siswa untuk menjunjung tinggi tanah airnya perlu untuk dibimbing secara mendalam oleh guru.

Referensi

Saryono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif , PT. Alfabeta, Bandung.

Rahman, K. A. (2015) Pembinaan Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Diniyah Takmilliyah Awwaliyah (DTA) Di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol 30, No 2.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: AL Fabeta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Mulyasa. (2012) . Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Amanda, (2009). Book and Becoming good: Demonstrating Aristotle’s Theory of moral Development in The Art of Reading. The Journal Of Internasional Social Research, Vol 1, No 2.

Willis, J and Weiser, B. (2013). Bridging the Gap: Meeting the Needs of Early Childhood Students by Integrating Technology and Environmental Education. The Journal of Early Childhood Environmental Education Vol 2, No 1.

Fachruddin Pohan, Op.Cit, hlm.,87-90.

Notonagoro, Pancasila Secara Ilmiah Populer, (Jakarta: Bumi Aksara,1996),hlm.,52.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Yulia Fatma, N., Adela, D., & Najib, M. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas VI SDN 09 Cibadak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 27–30. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/19

Terbitan

Bagian

Artikel