IMPLIKASI TEORI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 SD DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Penulis

  • Joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra
  • Dian Nasrudin Universitas Nusa Putra
  • Muhamad Sandi Hidayat Universitas Nusa Putra
  • Sidinius Hulu Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Kurikulum 2013, tematik, karakter

Abstrak

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum perbaikan dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 ini akan dilakukan secara bertahap, baik untuk jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) maupun pendidikan menengah (SMA/SMK). Kurikulum 2013 dalam implementasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif. Terkait hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang implikasi teori pembelajran kooperatif dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 SD dengan penguatan pendidikan karakter. Untuk mendalami permasalahan penerapannya, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya kurikulum 2013 merupakan upaya penyederhanaan terhadap kurikulum yang berlaku saat ini, dengan model tematik-integratif, dan menekankan pada pembelajaran kontekstual. Titik beratnya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik (siswa) agar lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, menggunakan nalarnya, dan mengomunikasikan (mempresentasikan) yang mereka peroleh/ketahui setelah menerima materi pembelajaran di sekolah. Pembelajarannya pun didesain dengan model pembelajaran kooperatif pada beberapa pembelajran. Pembelajaran kooperatif membawa pengaruh pada siswa untuk aktif dalam kelompok hal itu dapar menumbukan karakter-karakter yang diharapkan pemerintah.Berdasarkan hal itu maka pembelajaran kooperatif perlu dikembangkan lebih lanjut

Diterbitkan

30-01-2022

Cara Mengutip

Suprapmanto, J. ., Nasrudin, D., Hidayat , M. S. ., & Hulu, S. . (2022). IMPLIKASI TEORI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 SD DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/13

Terbitan

Bagian

Artikel