IMPLIKASI TEORI COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 SD DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Kata Kunci:
Kurikulum 2013, tematik, karakterAbstrak
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum perbaikan dari kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 ini akan dilakukan secara bertahap, baik untuk jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP) maupun pendidikan menengah (SMA/SMK). Kurikulum 2013 dalam implementasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif. Terkait hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang implikasi teori pembelajran kooperatif dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 SD dengan penguatan pendidikan karakter. Untuk mendalami permasalahan penerapannya, penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya kurikulum 2013 merupakan upaya penyederhanaan terhadap kurikulum yang berlaku saat ini, dengan model tematik-integratif, dan menekankan pada pembelajaran kontekstual. Titik beratnya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik (siswa) agar lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, menggunakan nalarnya, dan mengomunikasikan (mempresentasikan) yang mereka peroleh/ketahui setelah menerima materi pembelajaran di sekolah. Pembelajarannya pun didesain dengan model pembelajaran kooperatif pada beberapa pembelajran. Pembelajaran kooperatif membawa pengaruh pada siswa untuk aktif dalam kelompok hal itu dapar menumbukan karakter-karakter yang diharapkan pemerintah.Berdasarkan hal itu maka pembelajaran kooperatif perlu dikembangkan lebih lanjut