Uji Validitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa

Penulis

  • Siti Sarah Universitas Nusa Putra
  • Siti Maria Ulfah Universitas Nusa Putra
  • Sendy Firdiasari Yusuf Universitas Nusa Putra
  • joko Suprapmanto Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Validitas

Abstrak

Motivasi belajar sangat penting untuk kegiatan belajar siswa. Seseorang yang tidak memiliki motivasi
dalam belajar, belum tentu dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik. Setiap orang memiliki tujuan
dalam melakukan suatu kegiatan. Dorongan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan, akan berjalan
seiring dengan adanya motivasi yang kuat, motivasi untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan
segala upaya yang dapat dilakukan. Tingkat motivasi selalu dijadikan indikator rendahnya kegiatan
belajar siswa. Siswa yang menyukai mata pelajaran tertentu akan dengan senang hati mengikuti dan
bersemangat mempelajarinya. Motivasi akan menentukan kemampuan tingkat belajar yang dimiliki oleh
siswa.

Referensi

Winarni, Anjariah, dan Romas 2016. “Motivasi Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua

pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi 2 (1).

Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar

Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida

Journal 5 (2): 172.

Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar

Mengajar.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2): 89–90.

Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. 2019. “Interaksi Sosial Dalam Proses

Pembelajaran.” Palapa 7 (1): 149–66.

Hakim, Riko Al, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket

Motivasi Berprestasi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4 (4): 263.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.”

FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333.

Suharni, Suharni. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns:

Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6 (1): 172–84.

Diterbitkan

29-05-2023

Cara Mengutip

Sarah, S. ., Maria Ulfah , S., Firdiasari Yusuf, S. ., & Suprapmanto, joko. (2023). Uji Validitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1). Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/122