Uji Validitas Instrumen Motivasi Belajar Siswa
Kata Kunci:
Motivasi, Belajar, ValiditasAbstrak
Motivasi belajar sangat penting untuk kegiatan belajar siswa. Seseorang yang tidak memiliki motivasi
dalam belajar, belum tentu dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik. Setiap orang memiliki tujuan
dalam melakukan suatu kegiatan. Dorongan seseorang untuk melakukan suatu kegiatan, akan berjalan
seiring dengan adanya motivasi yang kuat, motivasi untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan
segala upaya yang dapat dilakukan. Tingkat motivasi selalu dijadikan indikator rendahnya kegiatan
belajar siswa. Siswa yang menyukai mata pelajaran tertentu akan dengan senang hati mengikuti dan
bersemangat mempelajarinya. Motivasi akan menentukan kemampuan tingkat belajar yang dimiliki oleh
siswa.
Referensi
Winarni, Anjariah, dan Romas 2016. “Motivasi Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua
pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi 2 (1).
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar
Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida
Journal 5 (2): 172.
Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar
Mengajar.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2): 89–90.
Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. 2019. “Interaksi Sosial Dalam Proses
Pembelajaran.” Palapa 7 (1): 149–66.
Hakim, Riko Al, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket
Motivasi Berprestasi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4 (4): 263.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.”
FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333.
Suharni, Suharni. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns:
Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6 (1): 172–84.