PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES TRANSISI DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Media, transisi, Infokus, WhatsAppAbstrak
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang media pembelajaran dan bagaimana penggunaan
media saat proses transisi pembelajaran daring ke luring di kelas III SDN 1 Parakansalak. Jenis penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunkan triangulasi teknik. Hasil
dari penelitian ini adalah pertama, media pembelajaran adalah alat bantu yang dapat menyalurkan pesan,
meransang pikiran dan kemauan peserta didik, yang dapat memicu kemampuan atau keterampilan
pembelajaran peserta didik, dan yang dapat membuat hal-hal yang bersifat abstrak menjadi lebih kongkrit
sehingga pembelajaran akan menghasilkan output yang baik. Kedua, penggunaan media saat proses
transisi pembelajaran daring ke luring di kelas III SDN 1 Parakansalak adalah menggunakan media
infokus dan aplikasi Whatsapp. Media infokus dapat menampilkan gambar yang disesuaikan dengan
materi ajar. Sedangkan aplikasi Whatsapp dapat menjadi perantara hubungan antara guru dan orang tua
peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Referensi
Winarni, Anjariah, dan Romas 2016. “Motivasi Belajar Ditinjau dari Dukungan Sosial Orangtua
pada Siswa SMA.” Jurnal Psikologi 2 (1).
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar
Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80.
Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.” Lantanida
Journal 5 (2): 172.
Erwinsyah, Alfian. 2017. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar
Mengajar.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2): 89–90.
Fahri, Lalu Moh., and Lalu A. Hery Qusyairi. 2019. “Interaksi Sosial Dalam Proses
Pembelajaran.” Palapa 7 (1): 149–66.
Hakim, Riko Al, Ika Mustika, and Wiwin Yuliani. 2021. “Validitas Dan Reliabilitas Angket
Motivasi Berprestasi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4 (4): 263.
Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran.”
FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3 (2): 333.
Suharni, Suharni. 2021. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” G-Couns:
Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6 (1): 172–84.
Abdurahman, A. (2021). Quality management of package c graduates through non-formal education accreditation program. International Journal of Nusantara Islam, 9(2), 524-532.