MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENUMBUHKAN KONSENTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Wita Junita Universitas Nusa Putra
  • Dhea Adela Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Pengelolaan kelas, Konsentrasi belaja, Hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengelolaan kelas di SD Negeri 1
Parakansalak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data
yang dikumpulkan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan
data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kelas
adalah kegiatan yang terencana yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik yang bertujuan untuk
menciptakan dan mempertahankan situasi dan kondisi kelas yang optimal, menjadikan suasana yang
baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Proses pembelajaran yang
dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Parakansalak berjalan dengan cukup optimal dan berguna untuk
mencapai kemampuan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Terkait hal itu
pengelolaan kelas bertujuan untuk menumbuhkan konsentrasi belajar siswa. Ada beberapa cara
untuk meningkatkan konsentrasi belajar yaitu : kesiapan belajar, minat dan bakat, cara belajar yang
baik, lingkungan belajar, belajar aktif dan perlu disediakan waktu untuk menyegarkan pikiran dengan
cara memberikan ice breaking atau hal lainnya yang dapat memusatkan kembali konsentrasi belajar
peserta didik. Keberhasilan dalam meningkatkan efektifitas proses pembelajaran dalam pengelolaan
kelas yaitu guru harus kompeten dan dapat menguasai bahan ajar karena pada dasarnya proses
pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dan guru adalah faktor
terpenting dalam keberhasilan proses pembelajaran.

Referensi

B. Budiya, “Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta ’ miriyah Surabaya,”

vol. 4, pp. 50–54, 2021.

Ibrahim and dkk., “IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DAN RELEVANSINYA

DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIAH 8

PALEMBANG Ibrahim, Nita Nur Cahyani, Mardiah Astuti, Febriyanti Universitas Islam

Negeri Raden Fatah Palembang,” J. Hikmah, vol. 18, no. 2, pp. 187–199, 2021.

M. Mutiaramses, N. S, and I. Murni, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil

Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 43–48,

, doi: 10.23969/jp.v6i1.4050.

hartoyo agung rahmadayanti dewi, “Jurnal basicedu,” J. basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7174–

, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

F. Putriyani, L. Wahyuningsih, A. Muharam, and W. Mustikaati, “Pengaruh Keterampilan

Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik.

Manaj. Perkantoran, vol. 7, no. 1, pp. 22–29, 2022, doi: 10.17509/jpm.v7i1.41712.

H. Heni and U. Nurlika, “Tingkat Konsentrasi Belajar Anak pada Siswa Kelas IV SD

melalui Brain Gym (Senam Otak),” J. Keperawatan Silampari, vol. 5, no. 1, pp. 222–232,

, doi: 10.31539/jks.v5i1.2820.

R. Riinawati, “Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4,

pp. 2305–2312, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i4.886.

M. A. Nasriruddin and H. Idris, “Journal of Social Science and Character Education

Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SMK Negeri 1 Sinjai,”

vol. 1, pp. 1–6, 2022.

B. Ariyani and F. Kristin, “Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5,

no. 3, p. 353, 2021, doi: 10.23887/jipp.v5i3.36230.

R. Salma, “Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah

Dasar,” J. Basic Educ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 54–57, 2020, doi: 10.37251/jber.v1i2.83

Abdurahman, A. (2021). Quality management of package c graduates through non-formal education accreditation program. International Journal of Nusantara Islam, 9(2), 524-532.

Diterbitkan

29-05-2023

Cara Mengutip

Junita, W., & Adela, D. (2023). MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENUMBUHKAN KONSENTRASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(1). Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/120