Sastra Anak dalam Pembentukan Pendidikan Karakter

Penulis

  • Mutiara Ananda Universitas Nusa Putra
  • Nabilah Aulia Universitas Nusa Putra
  • Nada Putri Suhaendi Universitas Nusa Putra
  • Barkah Universitas Nusa Putra

Kata Kunci:

Sastra Anak, Pendidikan Karakter, Anak

Abstrak

Penelitian karya sastrak anak ini bertujuan untuk memotifasi manusia agar mengungkapkan isi hatinya perasaan, serta pikirannya, agar minat terhadap sastra anak meningkat. Pembelajaran sastra pada anak-anak penting dilakukan karena pada usia ini anak mudah menerima karya satra. Oleh karena itu anak-anak mudah untuk menerima nilai-nilai kemanusiaan, adat istiadat, agama, dan juga kebudayaan yang terkandung dalam karya sastra. Sastra juga mampu merangsang anak-anak berbuat sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan, adat istiadat agama dan budaya. Selain itu anak-anak akan lebih peka terhadap lingkungan karena dalam dirinya tertanam nilai-nilai kemanusiaan. Adanya sastra anak-anak sejak usia dini bisa menumbuhkan olah rasa, olah batin, dan olah budi anak-anak memiliki perilaku serta kebiasaan untuk membedakan sesuatu yang dianggap baik ataupun buruk melalui proses apresiasi dan berkreasi dengan karya sastra. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan kebahasaan yang mengandung unsur bahasa, tema, dan teknik bercerita. Untuk dapat memahami dan mempelajari sastra anak secara mendalam, perlu kita ketahui terlebih dahulu hakikat sastra anak serta manfaatnya, pembentukan pendidikan karakter dengan sastra anak

Referensi

Aminuddin.2009. Pengantar Apresiasi Karya sastra. Bandung:SinarBaru.

Nurgiyantoro. 2009. Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University perss.

Nurgiyantoro.2012 University perss.Teori pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada Departemen Pendidikan Nasional. 2003.

Endraswara, S. (2005). Metode Teori Pengajaran Sastra. Buana Pustaka.

Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Semi, M. Atar. 2003. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Siswantoro,2005.Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadyah University Press.

Soetarno. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Widya Duta.

Abdurahman, A. (2021). Quality management of package c graduates through non-formal education accreditation program. International Journal of Nusantara Islam, 9(2), 524-532.

Suharianto, S. 1992. Dasar-Dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Duta.

Sudaryat, Ndang. 2001. Ringkasan Bahasa Indonesia. Bandung: Ganeca Exact

Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.

Susanto, Dwi. 2011. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Tarigan, H. Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa

Unduhan

Diterbitkan

30-01-2022 — Diperbaharui pada 26-01-2022

Cara Mengutip

Ananda, M., Aulia, N., Suhaendi, N. P., & Barkah. (2022). Sastra Anak dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1, 56–63. Diambil dari http://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/101

Terbitan

Bagian

Artikel