Peran Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD
Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, Model Pembelejaran Inkuiri, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar (SD) melalui studi literature review. Latar belakang penelitian menunjukkan pentingnya kemampuan berpikir kritis bagi siswa SD dalam menghadapi era informasi yang kompleks, namun data menunjukkan masih rendahnya kemampuan ini pada siswa SD di Indonesia. Model pembelajaran inkuiri dianggap sebagai pendekatan potensial untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literature review. Proses penelitian meliputi pencarian dan pengumpulan literatur, seleksi berdasarkan kriteria inklusi, analisis dan sintesis temuan, serta evaluasi kualitas penelitian. Studi ini menganalisis 12 jurnal atau penelitian terkait yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir (2019-2024) dari berbagai daerah di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif dari model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD, meskipun efektivitasnya bervariasi tergantung pada konteks dan karakteristik siswa. Faktor-faktor seperti kesiapan guru, ketersediaan sumber daya, dan karakteristik individu siswa juga mempengaruhi keberhasilan implementasi model ini. Kesimpulan dari studi ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pendidik, pembuat kebijakan, dan peneliti dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa SD untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini juga mengidentifikasi kebutuhan untuk eksplorasi lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas model pembelajaran inkuiri dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa SD.
Referensi
Adelia, P., Mustika, N. I., Junsap, R. M., & Santoso, G. (2022). Pengaruh Metode Inkluiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(3), 156-163.
Asamad, N. A., Rahman, A., & Usman, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Vib Sdn Pajjaiang Kota Makassar. Jurnal Inovasi Pedagogik Dan Teknologi, 2(1), 43-53.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Gianistika, C., Arini, D. A., & Azizah, S. (2021). Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Di SDN Tanjungsari I Dan SDN Mekarpohaci III. Jurnal Tahsinia, 2(1), 39-46.
Hidayat, S. N. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 65-84.
Hidayat, T., Susilaningsih, E., & Kurniawan, C. (2021). The effectiveness of inquiry-based learning models on critical thinking skills of elementary school students: A meta-analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 96-106.
Ilhamdi, M. L., Novita, D., & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02), 49-57.
Kusuma, M. D., Rosidin, U., & Abdurrahman, A. (2022). Factors influencing the implementation of inquiry-based learning in developing critical thinking skills: A systematic review. International Journal of Instruction, 15(2), 733-750.
Putra, P., Mizani, H., Sari, Y. K., & Wijaya, E. Y. (2022). The implementation of inquiry learning to enhance elementary school students' critical thinking skills: A systematic literature review. Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 94-107.
Rahmawati, L., & Sutrisno, S. (2019). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 144-156.
Rizky, P. N., Ramadhani, M. I., Zaidan, M. F., Fitria, K., Irawati, I., & Anjarwati, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Materi Peredaran Darah Kelas V SDN Kedungdalem II. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4931-4937
Sabila, D., & Widiyono, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 223-236.
Salama, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V UPTD SD Negeri 18 Barru. Jurnal Banua Oge Tadulako, 1(2), 13-21.
Sari, R. M., Sumarmi, S., & Astina, I. K. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di Indonesia: Sebuah studi meta-analisis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 377-385.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339.
Widiya, A. W., & Radia, E. H. (2023). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 127-136.
Wijaya, C., & Nugroho, P. A. (2020). Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 777-785.
Wijaya, T., Wahidmurni, W., & Susilawati, S. (2022). Efektivitas Strategi Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 6(4), 7627-7636.
Wijayanti, E., & Indarini, E. (2020). Perbedaan Efekivitas Model Inquiry learning Dengan Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 1-12.
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71-74
